Narapidana Rumah Tahanan Negara (Rutan) Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur, tergabung dalam kelompok musik Prison Art Institute ikut tampil meriahkan hari jadi ke-64 kabupaten itu.
 
"Narapidana yang memiliki bakat seni dibina sesuai minat dan bakat  berkolaborasi dengan petugas rutan menjadi kelompok musik bernama Prison Art Institute.," kata  Kepala Rutan Tanah Grogot, Kabupaten Paser Bayu Muhammad di Paser, Minggu.
 
Kelompok musik Prison Art Institute diminta ikut tampil menghibur masyarakat, lanjut dia, dalam kegiatan perayaan hari jadi Kabupaten Paser.
 
"Penampilan kelompok musik Prison Art Institute itu, menjadi kesempatan untuk menunjukkan hasil dari pembinaan kemandirian narapidana Rutan Tanah Grogot kepada khalayak luas," tambahnya.
 
Kelompok musik Prison Art Institute asuhan Rutan Tanah Grogot dengan delapan personel itu membawakan 10 lagu hits terkini dalam acara perayaan hari jadi Kabupaten Paser.
 
Kegiatan memeriahkan hari jadi Kabupaten Paser tersebut bertajuk Fest Combi of Culture Tourism, Anniversary and Happy New Years yang digelar di lapangan Gentung Temiang Tanah Paser, Kabupaten Paser, dengan melibatkan pelaku ekonomi kreatif di kabupaten setempat.
 
Penampilan kelompok musik Prison Art Institute dibuka dengan puisi dan frasa yang mendalam, dilanjutkan menyanyikan lagu nasionalis dengan mengusung konsep topeng, kemudian diakhiri dengan pembacaan ikrar anti narkoba.
 
"Jadi kesempatan terbaik untuk buktikan eksistensi pembinaan narapidana di Rutan Tanah Grogot, dan membuat kelompok musik Prison Art Institute memiliki kesan tersendiri di hati masyarakat," kata Bayu Muhammad.
 
Persiapan dilakukan untuk penampilan kelompok musik Prison Art Institute, menurut Kepala Satuan Pengaman dan juga Ex Officio Kepala Hujan Rutan Tanah Grogot Achmad Zaki, dilakukan mulai dari pengamanan hingga proses administrasi dilakukan secara ketat.
 
Pengamanan yang dilakukan dengan mengerahkan seluruh satuan tugas (satgas) keamanan maupun staf Rutan Tanah Grogot, dan secara administratif juga dilakukan sidang tim pengamat pemasyarakatan terhadap personel kelompok musik Prison Art Institute sesuai Undang-Undangan Pemasyarakatan Nomor 22 Tahun 2022.
 
Diharapkan penampilan kelompok musik Prison Art Institute menjadi informasi positif menyangkut pembinaan dan perkumpulan di Rutan Grogot Ceria (Georgia), dan ke depan bisa menjadi penopang Kota Nusantara, ibu kota negara baru Indonesia, demikian Achmad Zaki.

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024