Penajam (ANTARA Kaltim) - Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Penajam Paser Utara, akan menggelar seminar dan pameran pendidikan dalam rangkaian kegiatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas).

"Seminar pendidikan akan digelar pada Sabtu (10/5) di gedung paripurna DPRD, dengan pembicara, Rektor Universitas Islam Nusantara (UNINUS) Bandung, Didin Wahidin. Kemudian, pada sore harinya dilanjutkan pembukaan pameran di lapangan Gunung Steleng," ungkap Ketua Panitia Seminar dan Pameran Pendidikan Sumardiyana, Rabu.

Sumardiyana mengharapkan, seluruh guru mengikuti seminar, terutama guru yang bersertifikasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan kepada para guru dalam menjalankan tugasnya. Sehingga dapat lebih meningkatkan mutu pendidikan di kabupaten setempat.

Sedangkan untuk pameran, lanjutnya, akan dilaksanakan selama tiga hari, mulai 10 hingga 12 Mei.

Pameran itu kata dia bertujuan, memperkenalkan kreativitas siswa dan guru mulai dari tingkat dasar sampai tingkat menengah atas.

"Kreativitas guru dan siswa harus diperkenalkan dan wadahnya melalui pameren pendidikan, sehingga bisa lebih mengembangkan kreatifitasnya. Tidak hanya belajar di papan tulis saja, tapi pendidikan ekstra lainnya juga harus maju," kata Sumardiyana yang juga menjabat sebagai Kasubbag Perencanaan dan Program Disdikpora.

Kreativitas dalam proses belajar mengajar, menurutnya, sangat diperlukan satu strategi pembelajaran yang sangat baik, serta mampu menarik peserta didik dalam pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan.

"Strategi itu, harus tetap memiliki relevansi dengan tema mata pelajaran yang sedang dipelajari siswa, untuk memotivasi proses pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan," ujar Sumardiyana.

Untuk jumlah peserta pada pemeran nanti, tambahnya, ada sebanyak 51 stan, yang terdiri, satu stan dari taman kanak-kanak, 14 stan dari sekolah dasar, sekolah menengah pertama sederajat 19 stan, sekolah menengah atas sederajat 10 stan serta 7 stan dari sekolah menengah kejuruan.   (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014