Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara di Provinsi Kalimantan Timur memberikan beasiswa kepada mahasiswa dan hafiz serta insentif bagi guru dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di wilayah Benuo Taka.

"Kami sudah salurkan beasiswa pada tahun ini sekitar Rp2,089 miliar," kata Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara Nurbayah di Penajam, Jumat.

Bagian Kesejahteraan Masyarakat Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara menyediakan beasiswa bagi mahasiswa program pendidikan diploma tiga dan strata satu serta hafiz dalam pelaksanaan program seribu sarjana.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara bekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan Sekolah Tinggi Teknologi Minyak dan Gas Balikpapan dalam pelaksanaan program tersebut.

Selain memberikan beasiswa, Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara memberikan insentif kepada guru taman kanak-kanak Al Quran (TKA), Taman Pendidikan Al Quran (TPA), dan guru mengaji.

Nurbayah menyampaikan bahwa pemerintah kabupaten mengalokasikan dana Rp5,439 miliar dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun 2023 untuk insentif guru TKA dan TPA serta guru mengaji.

"Insentif diberikan kepada 1.296 guru TKA/TPA masing-masing Rp3,6 juta per tahun, dan kepada 215 guru ngaji tradisional masing-masing Rp3,6 juta per tahun," katanya.

Ia menambahkan, pemerintah daerah juga mengalokasikan dana Rp5,581 miliar untuk membantu pembayaran biaya listrik tempat ibadah dan dana hibah Rp2,520 miliar untuk 43 proposal yang diajukan oleh kelompok masyarakat.

 

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023