Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur memberikan perhatian khusus terhadap akses jaringan intra pemerintah kabupaten dan kota sebagai upaya untuk memperkuat konektivitas antar instansi di tingkat lokal.

"Tujuan akses jaringan itu dibuat untuk mendukung efisiensi dan keterbukaan dalam penyelenggaraan pelayanan publik," kata Kepala Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) dan Persandian Diskominfo Kaltim Dianto di Samarinda, Selasa.

Ia menjelaskan, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan pemasangan jaringan intra Pemerintah Provinsi dengan Kabupaten Kota, yakni Samarinda, Balikpapan, Bontang, Kutai Kartanegara, dan Paser.

"Ada lima Kabupaten Kota. Mudah mudahan di Januari bisa terhubung ini. Program Ini juga merupakan perintah dari Kemendagri RI maupun Kementerian Kominfo RI," katanya.

Dianto menambahkan, penguatan infrastruktur jaringan intra pemerintah ini juga bertujuan untuk peningkatan kualitas pelayanan Sistem Pelayanan Berbasis Elektronik (SPBE).

Langkah ini diambil sebagai bagian dari komitmen pemerintah dalam mendorong efisiensi, transparansi, dan kemudahan akses dalam penyelenggaraan layanan publik.

"Dengan jaringan intra yang lebih kuat, SPBE dapat diintegrasikan secara lebih efektif antar instansi pemerintah," katanya.

Ia menambahkan, dengan penguatan jaringan akan membantu dalam pertukaran data yang cepat dan akurat, mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik, serta mempercepat respon terhadap kebutuhan masyarakat.

" Alhamdulillah rekan-rekan lima kabupaten/kota sudah siap dan menyetujui serta akan memproses. Kemungkinan pada Januari tahun 2024 dapat kita laksanakan," kata Dianto.(Adv/Diskominfo Kaltim)

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023