Tenggarong (ANTARA Kaltim) - Minat warga yang memiliki hak pilih untuk datang ke tempat pemungutan suara (TPS) pada pemilu legislatif kata Bupati Kutai Kartanegara, Rita Widyasari, meningkat.

"Menurut para camat yang saya hubungi tadi, masyarakat antusias untuk datang ke TPS, bahkan meningkat dibanding pada pemilihan gubernur beberapa waktu lalu," ungkap Rita Widyasari usai mengadakan teleconference di Desk Pilkada di Kantor Badan Kesatuan Bangsa Politik Kutai Kartanegara.

"Menurut sejumlah camat yang saya hubungi, masyarakat cukup antusias datang ke TPS, bahkan meningkat dari Pemilihan Gubernur beberapa waktu lalu,," katanya.

Kecamatan yang dihubungi melalui "teleconference" tersebut yakni, KecamatanTenggarong Seberang, Loa Kulu, Sebulu, Kembang Janggut, Muara Kaman, Loa Janan, Marang Kayu, Kota Bangun, Kenohan, Muara Badak, Anggana, serta Kecamatan Samboja.

Dari laporan camat tersebut kata Rita Widyasari, kedatangan para pemilih hingga pukul 12.00 wita rata-rata diatas 50 persen, bahkan di salah satu TPS di Kecamatan Marang Kayu sudah didatangi 90 persen pemilih.

"Alhamdulillah, rata-rata hasil pantauan saya tadi, kehadiran masyarakat ke TPS mencapai 70 persen," kata Rita Widyasari.

Namun, Rita Widyasari mengaku sangat menyayangkan laporan Camat Loa Janan Mastukah, yang mengatakan banyak keluhan warga yang tidak mendapat surat undangan memilih, termasuk Mastukah sendiri yang terpaksa memilih menggunakan KTP karena tak mendapat surat undangan memilih.

Ia berharap, hal tersebut tidak terjadi lagi pada pemilihan presiden yang dijadwalkan berlangsung pada Juli 2014.

Dia ingin agar semua "stakeholder" atau pemangku kepentingan yang terkait dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT), harus lebih teliti lagi agar warga yang sudah berhak memilih mendapatkan undangan Pemilu.

Sebelum melakukan "teleconference", Rita Widyasari bersama unsur forum koordinasi pimpinan daerah Kutai Kartanegara, dan Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak serta sejumlah pejabat lainnya, sempat meninjau sejumlah TPS di Tenggarong, diantaranya, TPS 3 Kelurahan panji, kemudian ke TPS terpadu di Jalan Mangkuraja I Keluarahan Loa Ipuh yang menggabungkan 5 TPS menjadi satu lokasi yakni, TPS 45, 46, 47, 48 dan 49.

Rita Widyasari bersama Awang Faroek Kemudian meninjau TPS 3 Kelurahan Timbau dan TPS 7 Kelurahan Melayu.   (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014