Balikpapan (ANTARA Kaltim) -  Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Timur menerjunkan 250 personel untuk menambah pengamanan Pemilu Legislatif di empat Polres.

"Ada pun empat Polres yang mendapatkan personel tambahan untuk pengamanan pada 9 April yakni Polres Kutai Timur sebanyak 81 personel, Balikpapan sebanyak 85 personel, Kutai Barat sebanyak 30 personel dan Kutai Kartanegara sebanyak 51 personel," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Kaltim, Kombes Pol Fajar Setiawan di Balikpapan, Senin.

Acara pelepasan personel Polda Kaltim yang diterjunkan untuk pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Mapolda Kaltim Balikpapan oleh Kapolda Kaltim, Irjen Pol Dicky D Atotoy.

"Jumlah anggota Polda Kaltim yang dikerahkan untuk pengamanan Pemilu Legislatif sebanyak 6.713 personel, dimana tiap satu anggota ada yang mengamankan tiga TPS, satu anggota yang mengamankan dua TPS dan ada satu anggota yang mengamankan satu TPS bila jaraknya berjauhan," kata Fajar.

Daerah rawan dalam pengamanan TPS karena jaraknya yang jauh di Malinau dan kawasan perbatasan. Selain itu, sarananya yang minim.

"Dan anggaran untuk satu personel pengamanan perhari sebesar Rp81 ribu, apapun pangkat dan jabatannya sama pembayarannya," kata Kabid Kabid Humas.

Kemudian mulai Selasa (8/4) seluruh pejabat utama Polda Kaltim diterjunkan ke masing-masing Polres untuk memberikan asistensi dan petunjuk langsung. Serta memberi arahan dan memantau Polres dalam pengamanan Pemilu.(*)

Pewarta: Susylo Asmalyah

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014