Samarinda (ANTARA Kaltim)- Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengharapkan agar  kepengurusan Badan Pengelola dan Pelaksana Islamic Center (IC) Kaltim periode 2014-2019 mampu melakukan perubahan dan kemajuan, sehingga syiar Islam makin terangkat melalui berbagai aktivitas Islamic Center.

“Bangunan yang besar dan megah bahkan masjidnya sebagai 10 besar di Indonesia tidak banyak manfaatnya apabila tidak dikelola dengan baik. Jadikan Islamic Center sebagai pusat peradaban Islam,” kata Awang Faroek Ishak  di Pendopo Lamin Etam, Senin (7/4).

Karena itu lanjut Awang, membangun Islamic Center Kaltim yang sangat besar dan megah akan memberikan manfaat yang besar pula apabila mampu dijadikan pusat ibadah dan kegiatan umat Islam dan masyarakat Kaltim secara umum.

Tentunya, badan pengelola dan pelaksana IC Kaltim tidak mampu bekerja sendiri tanpa dukungan banyak pihak terkait. Koordinasi dan sinergitas dengan berbagai pihak baik pemerintahn daerah maupun organisasi kemasyarakatan perlu dibangun.

Maka, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kaltim dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kaltim merupakan pihak-pihak yang sangat erat hubungannya dan saling mendukung keberadaan Islamic Center Kaltim.

“Pentingnya dilakukan revitalisasi pengelolaan dan pelaksanaan kegiatan IC Kaltim dan reaktualisasi fungsi masjid. Tidak hanya Masjid Islamic Center (MIC) tetapi seluruh masjid di Kaltim yang merupakan tugas dan tanggung jawab DMI dalam pembinaannya,” jelasnya.

Selain itu, pengelola dan pelaksana IC Kaltim dalam upaya memakmurkan masjid maka secara rutin melaksanakan kegiatan baik berkaitan dengan amaliah maupun kegiatan keagamaan yang melibatkan organisasi pemuda yang bergerak di bidang keagamaan.

“Pengelola dan pelaksana IC Kaltim bersama PHBI dan DMI sesuai dengan visi dan misi yang diembannya  berperan untuk mewujudkan fungsi masjid sebagai pusat ibadah, pengembangan masyarakat, persatuan umat, peningkatan keimanan dan ketakwaan dalam membentuk akhlak mulia serta kecerdasan umat,” harap Awang Faroek Ishak.

Dalam kesempatan itu Gubernur Awang Fareok Ishak melantik Pengurus PHBI Kaltim yang dipimpin Kepala Biro Sosial Setdaprov Kaltim H Syafrian Hasani serta Pengelola dan Pelaksana Islamic Center Kaltim dipimpin H Sayid Alwy AS dan H Awang Dharma Bhakti.

Wakil Ketua Umum Pimpinan Pusat DMI,  KH Masdar Farid Mas’udi hadir sekaligus melantik pengurus Pimpinan Wilayah DMI Kaltim periode 2013-2018 yang dipimpin H Bahrani Selamat. (Humas Prov Kaltim/yans)

 

Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014