Sekretaris Provinsi Kalimantan Timur (Sekprov Kaltim) Sri Wahyuni memberi apresiasi tinggi terhadap kinerja Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) setempat yang telah menggelar Kirab Pemuda, namun untuk meningkatkan semarak ia usul agar tahun depan ditambah satu giat lagi, yakni Kirab Budaya.

"Hari ini saya memberi apresiasi tinggi untuk Dispora Kaltim karena berhasil menggelar Kirab Pemuda 2023. Namun untuk tahun depan, saya usul agar Dispora selain tetap menggelar Kirab Pemuda, juga sekaligus menggelar Kirab Budaya," kata Sri saat melepas Kirab Pemuda di Lapangan Parkir GOR Kadrie Oening Sempaja Samarinda, Kamis (26/10).

Menurutnya, banyak materi dan pendidikan yang bisa disisipkan dalam Kirab Budaya mendatang, antara lain tentang adat istiadat, budaya daerah, sejarah, asal usul daerah dan masyarakat di kabupaten/kota di Kaltim, dan hal lain yang berkaitan dengan budaya. 

Materi yang bisa diserap peserta kirab budaya antara lain, di sepanjang perjalanan kirab maupun ketika tiba salah satu lokasi dengan nilai budaya, di sana disajikan teka-teki maupun kuis tentang kebudayaan, sehingga hal ini akan menjadi pengetahuan melekat bagi pemuda.

"Materi tersebut tentu sangat banyak karena Kaltim memiliki banyak sejarah yang perlu diketahui oleh generasi penerus bangsa, mulai sejarah kerajaan hingga sejarah perjuangan mengusir penjajah. Kemudian berbagai budaya lokal yang bisa menjadi materi di kirab budaya," katanya. (adv). 
 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023