Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur melaksanakan sejumlah kegiatan bertajuk Pekan Raya Pemuda tahun 2023 dalam rangkaian peringatan Hari Sumpah Pemuda Indonesia ke 95 tahun.

Kepala Dispora Kaltim HM Agus Hari Kesuma menjelaskan, kegiatan yang dijadwalkan berlangsung di antaranya seminar Usaha Kecil Mikro Menegah dengan melibatkan Mahasiswa dan acara kirab pemuda dengan melibatkan peserta para pelajar.

"Kirab Pemuda dilaksanakan selama sehari dengan jarak lima kilometer dan Tahun ini dilaksanakan khusus untuk pelajar di Samarinda, namun Tahun depan akan dilaksanakan se Kaltim," kata Agus Hari Kesuma pada acara Kirab Pemuda di Kompleks Stadion Kadrie Oening Samarinda, Kamis.

Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim Sri Wahyuni melepas peserta kirap pemuda dengan peserta 14 regu dari SMA, SMK dan MA se Samarinda.

"Kami mengapresiasi kegiatan seperti ini, dan berharap bisa dilaksanakan sebagai event tahunan," ucap Sri Wahyuni.

Melalui Kirab Pemuda, Sekda berharap bisa menumbuhkan semangat kebersamaan, kekompakan serta kecakapan hingga fisik dan mental para pemuda di Kaltim.

"Kirab ini bukan hanya gerak jalannya saja dinilai. Tapi, kekompakan, kerapian hingga kreativitas wajib diperhatikan," kata Sekda.

Sri Wahyuni mengatakan, Pekan Raya Pemuda merupakan momentum aktualisasi pemuda atau hari rayanya pemuda. Artinya, mereka bisa mengeluarkan, menampilkan semua kreativitas dalam berkompetisi.

"Apalagi tahun depan sebutnya, jutaan pendatang tiba di IKN, tentu pemuda Kaltim harus siap berkontribusi," pesan Sekda.

Sementara itu, Kabid Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim, Rasman Rading menambahkan, selain kirab dan seminar, agenda kegiatan lainnya yang dilaksanakan seperti pameran yang menampilkan stand UMKM se-Kaltim.

"Kemudian ada festival musik setiap malam, cuma malam Jumat tidak bisa karena ada Kaltim Bersolawat. Lalu sorenya ada pameran UMKM dan organisasi pemuda se-Kaltim itu peserta 10 kabupaten/kota, seluruh kampus,” katanya.

Rasman menambahkan, juga akan ada kegiatan olahraga masyarakat seperti senam bersama, dilanjutkan Festival Budaya hingga puncak perayaan HSP pada 28 Oktober dengan melakukan apel pagi yang dipimpin oleh Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik, dan penghujung rangkaian pada malam harinya kegiatan festival musik serta beberapa kegiatan lainnya. (Adv)

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023