Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Timur terus mendorong pertumbuhan ekonomi melalui pemberdayaan UMKM dengan meningkatkan kapasitas, pemasaran dan pembiayaan kepada mereka.

"Berbagai cara terus kami tempuh sejak beberapa tahun lalu sampai sekarang, seperti pelatihan, pembinaan, hingga pendampingan sampai kemudian banyak UMKM yang naik kelas dan berhasil melakukan ekspor komoditas lokal," ujar Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Timur (BI Kaltim) Budi Widihartanto di Samarinda, Sabtu (21/10).

Menurut dia, BI Kaltim juga menggelar "Kaltim Paradise of The East 2023" di Atrium Utama Big Mall Samarinda yang secara resmi dibuka pada Jumat (20/10).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pemberdayaan UMKM lokal, optimalisasi sektor ekonomi kreatif dan pariwisata di Kaltim, yakni kegiatan dengan menggelar pameran produk unggulan UMKM, coaching clinic, fashion show, talkshow edukatif, fun walk kompetisi, hingga business matching.

Melalui Kaltim Paradise Of The East 2023, katanya, diupayakan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi melalui pemberdayaan UMKM, kemudian meningkatkan kapasitas, pemasaran dan pembiayaan UMKM.

"Dengan pembukaan showcasing UMKM, khususnya kerajinan dan wastra dari berbagai wilayah di Kaltim turut meramaikan kegiatan Kaltim Paradise of The East tahun ini. Hal ini sebagai upaya meningkatkan transaksi digital. Dalam giat ini juga digelar Kaltim Great Sale yang bertransaksi menggunakan QRIS," katanya.

Ke depan, Kantor Perwakilan BI Kaltim akan terus berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mendukung dan mendorong UMKM,agar mampu terus menggali keunggulan lokal melalui produk dan layanan yang berkualitas tinggi, sehingga mampu memenuhi kebutuhan pasar lokal hingga global yang pada akhirnya meningkatkan pertumbuhan yang inklusif.

Sementara Asisten III Setprov Kaltim Riza Indra Riadi memberikan apresiasi kepada BI Kaltim atas kerja keras dan dedikasi untuk terus mengembangkan ekonomi di Kaltim, termasuk penyelenggaraan Kaltim Paradise Of The East 2023 yang sangat bermanfaat untuk mengenalkan produk lokal.

Diharapkan Kaltim Paradise of The East yang menjadi agenda tahunan BI ini dapat menjadi wadah integrasi berbagai kegiatan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

"Bahkan kegiatan ini juga sekaligus menjadi momentum penting dalam persiapan perpindahan Ibu Kota Nusantara (IKN), sehingga melalui pemberdayaan UMKM, optimalisasi sektor ekonomi kreatif dan pariwisata dengan berbagai rangkaian kegiatan, maka menjadi penyemangat tersendiri bagi para pelakunya," kata Riza.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023