Samarinda (ANTARA Kaltim) - Sebanyak 18 regu dari 14 kabupaten dan kota di Provinsi Kaltim dan Kaltara siap mengikuti Cerdas Cermat 4 Pilar tingkat Provinsi Kaltim jenjang SMA yang akan digelar di Samarinda pada 27 hingga 31 Maret 2014.

"Ada 10 daerah yang masing-masing mengirim satu regu, sedangkan 4 daerah lain mengirimkan empat regu sehingga jumlah pesertanya menjadi 18 regu. Masing-masing regu didampingi dua guru," ucap Kepala Bidang Pembinaan SMP dan SMA Dinas Pendidikan Kaltim Asli Nuryadin di Samarinda, Jumat.

Empat daerah di Kaltim yang mengirimkan dua regu tersebut adalah Kota Samarinda, Balikappan, Bontang, dan Kabupaten Kutai Kartanegara. Masing-masing regu berjumlah 10 siswa kelas X dan XI.

Cerdas Cermat 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara tersebut dilakukan bekerjasama dengan Majelis Permuswaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI).

Menurut Asli, latar belakang digelarnya cerdas cermat ini karena disadari bahwa masyarakat Indonesia sangat majemuk, yakni terdiri berbagai suku, bahasa, agama, dan kepercayaan sehingga Pancasila, UUD 1945, wawasan NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika harus dijadikan sebagai landasan kehidupan dalam membangun sinergi dan kesatuan bangsa.

Lomba tersebut juga merupakan salah satu sarana untuk memasyarakatkan dan membudayakan pentingnya penyelenggaraan kehidupan berkonstitusi, terutama melalui pemahaman aturan dasar bernegara.

Peserta lomba juga bisa menjadikan kegiatan ini sebagai ajang belajar berpolitik, yakni tentang pembuatan dan pengesahan undang-undang atau peraturan oleh MPR, apalagi pelajaran politik secara perlahan juga harus diberikan kepada siswa agar lebih paham dengan sistem politik di Indonesia.

Di samping pelajaran politik, lomba tersebut juga sangat bermanfaat bagi siswa untuk bekal hidup di masa mendatang, misalnya mengenai latihan berbicara di depan umum karena dalam kegiatan ini peserta harus menjawab beberapa pertanyaan disertai penjelasan yang logis.

Menurutnya, para pemenang mulai juara satu hingga juara tiga akan mendapat piagam penghargaan dan uang pembinaan dari Dinas Pendidikan Kaltim, sedangkan bagi juara pertama akan mewakili Kaltim-Kaltara berlomba di tingkat nasional pada Agustus mendatang.

"Cerdas Cermat 4 Pilar ini merupakan agenda tetap MPR RI sehingga kelompok yang menjadi juara pertama di tingkat provinsi akan mewakili Kaltim untuk berlomba di tingkat nasional," ujarnya.

Cerdas Cermat itu disebut 4 Pilar karena materi yang ditanyakan seputar empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara, yakni pengetahuan siswa tentang Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan tentang Bhineka Tunggal Ika.  (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014