Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Kalimantan Timur siap menampung koleksi buku karya para penulis lokal Kaltim.

"Para penulis di Kaltim memiliki potensi menghasilkan karya buku yang dapat dihimpun sebagai bacaan perpustakaan daerah," kata salah satu pustakawan DPK Kaltim, Patimah Irny di Samarinda, Kamis (12/10)

Ia mengatakan melalui perpustakaan Kaltim, karya penulis Kaltim bisa mendapatkan ruang untuk diperkenalkan kepada pustakawan dan masyarakat.

Patimah menyebutkan karya-karya tulisan atau buku penulis lokal itu dapat diserahkan langsung kepada DPK Kaltim yang nantinya akan diregistrasi sebagai koleksi perpustakaan.

"DPK Kaltim terbuka menerima beragam genre bacaan seperti sastra, fiksi, bahasa, ilmu terapan, hingga karya umum.

Ia mengemukakan untuk penulis Kaltim diharapkan dapat memberi tempat untuk memperbanyak jumlah buku mereka ke depannya..

Menurutnya kehadiran buku-buku penulis lokal disebut dapat memperkaya variasi bacaan, serta menambah jumlah koleksi judul buku yang ditargetkan 20 judul baru dalam setahun.

“Biasanya dalam sepekan ada tiga sampai lima orang yang menyerahkan bukunya kepada perpustakaan Kaltim,” kata Patimah.

Patimah memaparkan bahwa DPK Kaltim  memiliki  sebanyak 45.000 koleksi judul buku, 17.116 di antaranya telah tersedia dalam bentuk e-book. (Adv)

Pewarta: Hanifan Ma'ruf

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023