Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) secara umum diprakirakan mengalami hujan ringan hingga lebat disertai petir pada Sabtu-Minggu pagi (7-8/10).

"Dari 10 kabupaten/kota di Kaltim, hanya Bontang yang diprakirakan tidak terjadi hujan pada Sabtu hingga Minggu pagi," kata Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Carolina Meylita Sibarani di Balikpapan, Jumat.

Ia mengimbau warga di sembilan kabupaten/kota yang diprakirakan terjadi hujan ringan hingga hujan petir yang dapat disertai angin kencang berdurasi singkat agar waspada terhadap dampaknya seperti banjir, tanah longsor, dan pohon tumbang.

Prakiraan cuaca ini pun telah disampaikan kepada pihak terkait di kabupaten/kota masing-masing, termasuk kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) tingkat provinsi maupun kabupaten/kota agar dapat dilakukan mitigasi untuk meminimalisir dampaknya ke masyarakat.

Menurut dia, daerah yang diprakirakan hujan antara lain Kota Samarinda pada Sabtu pukul 14.00 Wita dan 23.00 Wita di empat kecamatan yakni Kecamatan Loa Janan Ilir, Palaran, Sungai Kunjang, dan Samarinda Seberang.

Kemudian Kota Balikpapan pada Sabtu pukul 20.00 Wita dan 23.00 Wita hujan ringan hingga hujan sedang diprakirakan terjadi di semua kecamatan, pada Minggu pagi hujan ringan diprakirakan terjadi hanya di Kecamatan Balikpapan Kota.

Selanjutnya Kabupaten Mahakam Ulu, hujan ringan hingga hujan sedang berpotensi terjadi pada Sabtu mulai pukul 08.00 Wita hingga Minggu pagi, khusus pada Sabtu pukul 14.00 Wita dan 17.00 Wita, hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Long Apari, Long Pahangai, dan Long Bagun.

"Di Kabupaten Kutai Kartanegara, secara umum hujan ringan hingga hujan sedang berpotensi terjadi di sebagian besar kecamatan mulai Sabtu pagi sampai Minggu pagi," kata Carolina.
 
 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023