Kabupaten Paser resmi menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi ( Porprov) VIII/ 2026 Kalimantan Timur setelah dicanangkan secara resmi oleh Pemerintah Provinsi Kaltim bersama KONI setempat.

"Dengan mengucap Bismillah, maka dengan ini dicanangkan Porprov VIII/ 2026 di Kabupaten Paser," kata Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor di halaman Kantor Bupati Paser, Minggu.

Isran mengimbau masyarakat Bumi Etam siap menyambut dan menyukseskan kegiatan olahraga bergengsi tingkat provinsi yang digelar empat tahun sekali itu.

Isran mengungkapkan, pemerintah daerah terus melakukan pembinaan, pengembangan, dan kegiatan yang mendukung aktivitas keolahragaan.

Orang nomor satu Benua Etam ini juga memuji dunia olahraga Kaltim yang cukup aktif dan masif. Kaltim bahkan menjadi provinsi nomor satu di luar Jawa yang aktif dalam bidang keolahragaan.

"Hasil sementara Pra PON di berbagai daerah, Kaltim berada pada posisi keempat secara nasional. Artinya jumlah penduduk sedikit, tetapi prestasi luar biasa," pujinya.

Ia pun mendukung berbagai penyelenggaraan kegiatan olahraga daerah agar prestasi Kaltim di bidang keolahragaan di tingkat nasional bisa terus meningkat.

Di tempat yang sama, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kaltim Rusdiansyah Aras menjelaskan, pencanangan Porprov sengaja dilakukan lebih awal agar persiapan penyelenggaraan bisa lebih matang.

"Pencanangan kesiapan Paser sebagai tuan rumah merupakan langkah awal agar kejuaraan multicabang empat tahunan ini bisa lebih terencana dengan baik," katanya.

Sementara itu Bupati Paser Fahmi Fadli juga memaparkan kesiapan daerahnya dalam menyambut Porprov 2026 yang akan melombakan 54 cabang olahraga dan memastikan sebanyak 28 arena olahraga juga sudah siap menyambut Porprov Kaltim di Benuo Taka.

Kendati demikian, masih ada beberapa cabang olahraga yang akan digelar di luar Paser, di antaranya menembak, ski air, golf, triathlon, dan rafting.

Secara simbolis, pencanangan Porprov Kaltim di Kabupaten Paser ditandai dengan pelepasan balon ke udara oleh Gubernur Kaltim Isran Noor bersama Wagub Hadi Mulyadi, Bupati Paser Fahmi Fadli, Wakil Bupati Syarifah Masitah Assegaf, dan Ketua Umum KONI Kaltim Rusdiansyah Aras.

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023