Sejumlah   informasi  seputar  Kalimantan Timur (Kaltim) ditayangkan  Kantor Berita ANTARA  Biro Kaltim pada Senin (18/9), mulai dari DPRD dan Gubernur Kaltim menyetujui rancangan peraturan daerah (raperda) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) perubahan 2023, hingga Ototita Ibu Kota Negara (IKN) melakukan uji coba taksi terbang sebelum 17 Agustus 2024

Berikut rangkuman informasi seputar  Kaltim kemarin yang masih menarik untuk dibaca kembali.

1. Pengesahan APBD perubahan

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dan Gubernur Kaltim Isran Noor menandatangani persetujuan bersama  Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2023 pada rapat paripurna ke-34 DPRD Kaltim.
 
"Persetujuan bersama ini merupakan hasil dari pembahasan yang dilakukan oleh Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kaltim dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kaltim selama beberapa hari," kata Ketua DPRD Kaltim Hasanuddin Mas’ud di Samarinda Senin malam.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

2. Titik panas turun

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan mendeteksi adanya penurunan jumlah titik panas di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), dari 20 titik pada Minggu (17/9) menjadi 16 titik pada Senin.

"Sebanyak 16 titik panas tersebut terpantau hari ini mulai pukul 01.00 hingga 16.00 WITA," ujar Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman - Sepinggan BMKG Balikpapan Diyan Novrida di Balikpapan, Senin.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

3. Bahas perda fasilitasi ponpes

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Timur (Kaltim) mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) untuk memfasilitasi pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan pondok pesantren (ponpes) yang ada di daerah setempat.

“Kita harapkan ada peran dari provinsi agar Ponpes yang ada di Kaltim bisa mendapat sentuhan anggaran, yang selama ini secara vertikal di bawah binaan Kementerian Agama,” kata Ketua Panitia Khusus (Pansus) pembahas Rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang Fasilitasi Penyelenggaraan Pendidikan Pondok Pesantren, Mimi Meriami BR Pane, di Samarinda, Senin.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

4. Uji coba taksi terbang IKN

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengungkapkan uji coba taksi terbang dilakukan sebelum HUT RI Ke-79 pada 17 Agustus 2024.

"Untuk uji coba taksi terbang dilakukan sebelum HUT RI Ke-79 pada 17 Agustus 2024," ujar Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Mohammed Ali Berawi di Kompleks DPR RI, Jakarta, Senin.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

5. Petani sawit Paser dapat premi Rp600 juta

Para petani yang tergabung dalam Koperasi Produsen Berkah Taka Mandiri  di Kecamatan Long Ikis,  Kabupaten Paser menerima dana sebesar Rp600 juta yang merupakan premi dari penjualan tandan buah segar (TBS).

“Dari penjualan TBS, petani menerima premi dari sertifikasi Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) sebesar Rp600 juta,” kata Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Kabupaten Paser, Djoko Bawono, Senin (18/9).

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : M.Ghofar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023