Nunukan (ANTARA Kaltim) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, telah menerima sebagian logistik Pemilu Legislatif 2014 sejak 24 Pebruari.

"Kami sudah terima sebagian logistik Pemilu 2014," ujar Sub Bagian Umum (Subag Umum) Sekretariat KPU Kabupaten Nunukan Zulkarnaen di Nunukan, Rabu.

Ia mengatakan, logistik yang sudah diterima dari KPU pusat berupa tinta sebanyak 890 botol tiba 19 Pebruari 2014, kotak suara 1.615 buah dan bilik suara sebanyak 1.088 buah pada 24 Pebruari 2014.

Menurut dia, logistik Pemilu 2014 yang belum tiba adalah surat suara dan formulir lainnya yang dibutuhkan pada saat pemungutan suara.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, kata Zulkarnaen, surat suara dan formulir tersebut telah berada di Kota Tarakan, Kalimantan Utara dan siap disitribusikan ke kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Utara.

Berkaitan dengan hal itu, diperkirakan surat suara dan beberapa formulir akan tiba di Kabupaten Nunukan, Kamis (27/2), kata dia mewakili komisoner KPU Kabupaten Nunukan periode 2008-2013 yang telah didemisoner dan saat ini dalam tahap perekrutan komisoner baru untuk periode 2014-2019.

Ia mengatakan, kondisi kotak dan bilik suara yang diterima tersebut termasuk tinta dalam keadaan baik atau tidak ada ditemukan mengalami kerusakan.

Mengenai pendistribusian logistik ke kecamatan, Zulkarnaen mengatakan, kemungkinan besar kecamatan yang lebih jauh yakni Kecamatan Krayan dan Krayan selatan akan dipercepat sekitar 8 Maret 2014.

"Pendistribusian logistik ke kedua kecamatan itu harus menggunakan pesawat," ujarnya.

Sementara kecamatan lainnya yang berada di daerah pemilihan (dapil) III seperti Kecamatan Sebuku, Sembakung, Lumbis, Lumbis Ogong, Tulin Onsoi dan Seimenggaris pendistribusian tahap kedua karena harus menggunakan perahu dengan jarak yang cukup jauh.

Sementara kecamatan di dapil II Pulau Sebatik dan dapil I Pulau Nunukan akan disitribusikan pada saat mendekati hari H Pemilu 2014.

"Kita akan prioritaskan daerah yang jauh untuk pendisteribusian logistik Pemilu 2014, seperti Krayan dan Krayan selatan karena harus menggunakan pesawat," kata Zulkarnaen.

Ia beralasan, pendistribusian logistik ke Kecamatan Krayan dan Krayan Selatan dipercepat untuk mengantisipasi buruknya cuaca yang sewaktu-waktu terjadi.  (*)

Pewarta: M Rusman

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014