Sejumlah informasi seputar Kalimantan Timur (Kaltim) ditayangkan Kantor Berita ANTARA Biro Kaltim pada Jumat (8/9), mulai Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) bahas pengembangan seni dan budaya di IKN, hingga Korea-China antusias bahas investasi di IKN.
 
Berikut rangkuman informasi seputar Kaltim kemarin yang masih menarik untuk dibaca kembali.
 
1. Pengembangan seni budaya IKN
 
Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) bersama sejumlah rektor institut seni dan tokoh seniman melakukan pertemuan di salah satu hotel di Surabaya, Jawa Timur, Jumat, untuk membahas konsep pengembangan seni dan budaya di IKN.
 
Direktur Pelayanan Dasar OIKN Suwito mengatakan salah satu aspek yang dibahas pada acara pertemuan itu adalah pembentukan kolegium pendidikan seni dan budaya di IKN.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
2. Penumpang pesawat internasional 23.200 orang
 
Jumlah penumpang angkutan udara tujuan luar negeri (internasional) dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim) untuk periode Januari - Juli 2023 cukup banyak hingga mencapai 23.200 orang.
 
"Jumlah 23.200 penumpang ini mengalami peningkatan cukup signifikan hingga mencapai 783,81 persen dibanding Januari-Juli 2022 yang tercatat 2.625 orang," kata Statisi Ahli Madya Badan Pusat Statistik Provinsi Kaltim Marinda Dama Prianto di Samarinda Jumat.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
3. Ekspor perikanan capai Rp232,6 miliar
 
Provinsi Kalimantan Timur melakukan ekspor komoditas perikanan dan hasil laut senilai Rp232,6 miliar pada Januari - Juni 2023, berdasarkan hasil pendataan Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPMKHP) Balikpapan.
 
“Terdapat berbagai jenis perikanan yang diekspor ke belasan negara tujuan, namun yang paling dominan terdapat lima komoditas ekspor,” kata Kepala BKIPMKHP Kota Balikpapan Eko Sulystianto saat melakukan pertemuan di Diskominfo Kaltim di Samarinda, Jumat.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
4. Korea-China antusias bahas investasi IKN
 
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengatakan Presiden Republik Korea Yoon Suk-Yeol dan Perdana Menteri China Li Qiang antusias membahas investasi Ibu Kota Negara bersama Presiden Joko Widodo.
 
Presiden Korea dan PM Li Qiang secara terpisah diterima Presiden Joko Widodo dalam pertemuan bilateral di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
5. Titik panas Kaltim turun
 
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan mendeteksi, jumlah titik panas di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mengalami penurunan, dari 192 titik pada Rabu kemarin menjadi 120 titik pada Kamis ini.
 
Sebanyak 120 titik panas tersebut terpantau hari ini mulai pukul 01.00 hingga 17.00 Wita dan tersebar di tujuh kabupaten.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023