Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rendi Solihin mengatakan, Mal Pelayanan Publik (MPP) yang dijalankan pemerintah setempat sejak akhir 2022, merupakan wadah meningkatkan pelayanan publik karena hampir semua layanan ada di lokasi itu.

"Keberadaan MPP ini merupakan salah satu inovasi yang diperuntukkan melakukan pelayanan terhadap masyarakat secara prima, karena hanya di satu lokasi, masyarakat memperoleh banyak layanan sesuai yang diinginkan," ujar Rendi saat mengunjungi MPP Kukar di Tenggarong, Kamis.

MPP tersebut berlokasi di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kukar, sebelumnya diresmikan oleh Bupati Kukar Edi Damansyah pada akhir tahun 2022.

Sedangkan kedatangan Rendi Solihin ke MPP Kamis ini memiliki tiga tujuan, pertama adalah untuk memastikan seluruh pelayanan dilakukan secara maksimal sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku, karena tujuan MPP ini memang untuk meningkatkan pelayanan, bukan pelayanan yang sama seperti sebelumnya.

Tujuan kedua adalah untuk memantau kemungkinan ada layanan baru yang bisa ditambahkan, karena disadari bahwa kebutuhan masyarakat dari waktu ke waktu selalu meningkat, dan ketiga adalah Rendi sekaligus ingin mengurus paspor.

"Saya masih memperhatikan kemungkinan apa saja yang masih kurang agar bisa diupayakan dapat dipenuhi tahun ini, sehingga tahun depan semua layanan di MPP bisa berjalan lebih baik lagi, walaupun saat ini pelayanan yang ada memang sudah baik," katanya.

Dalam pantauan sementara, ia menilai perlu ada tambahan pegawai guna memaksimalkan seluruh layanan, sehingga ia menyarankan kepada Kepala DPMPTSP Kukar merekrut anak-anak muda dan sesuai dengan keterampilan dan kebutuhan.

"Saya minta ditambah tenaga kerja untuk tahun depan, silahkan Pak Kadis persiapkan anggarannya, karena masih perlu beberapa tenaga agar pelayanan ini lebih maksimal, baik untuk satpam, juru parkir dan lainnya," katanya.

Sedangkan untuk memaksimalkan pelayanan, selain tambahan pegawai juga masih perlu ditambah gerai layanan baru dengan menyesuaikan kebutuhan, diperlukan pula kantin untuk tamu maupun untuk pegawai MPP.
 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023