Samarinda (ANTARA Kaltim) - Pengurus Besar (PB) Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) mengakui kekuatan atlet judo Kalimantan Timur (Kaltim), sebagai salah satu daerah yang cukup diperhitungkan di kancah nasional.

Anggota Bimbingan Prestasi (Binpres) PB PJSI Hendri Yuzano di Samarinda, Minggu, mengatakan bahkan untuk daerah di luar Jawa, Kaltim termasuk daerah yang terkuat di cabang olahraga Judo.

"Saat ini ada beberapa daerah yang cukup mendominasi di tingkat nasional, seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan berikutnya Kalimantan Timur," kata Hendri.

Menurut dia, potensi terbesar Kaltim utamanya terdapat pada kelompok junior, meskipun di kelas senior ada sejumlah pejudo Kaltim yang bisa menjadi juara nasional.

"Perkembangan Kaltim cukup pesat, utamnya atlet junior, kami berharap ini bisa ditelorkan di daerah supaya ada pemeratan prestasi untuk semua daerah di Indonesia," ujar Hendri.

Ketua umum Pengprov PJSI Kaltim Achmad Husry mengatakan, di Kaltim sendiri sentralistik kekuatan Judo masih terpusat di kabupaten Kutai Kartangera.

"Kutai Kertanegara bisa bagus pembinaannya, karena cukup mendapat dukungan dari pemerintah daerah, dan pengurus serta atletnya saling berkesinambungan, saya berharap kondisi ini bisa ditiru oleh kabupaten/kota yang lain," katanya.

Dia mengatakan, pihaknya tengah berusaha untuk mewujudkan pemerataan pembinaan di seluruh daerah melalui program sirkuit kejuaran daerah yang terus digilir di sejumlah kabupaten/kota di Kaltim.

"Kami berharap dengan digelar kejuaraan secara bergilur di semua daerah, maka ke depan akan menumbuhkembangkan prestasi judo Kaltim menuju kearah prestasi yang lebih membanggakan," kata Achmad Husry.

Dia berharap kegagalan tim judo Kaltim meraih prestasi pada PON 2012, bisa ditebus dengan harapan prestasi pada PON 2016 di Bandung, Jawa Barat.(*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014