Sejumlah   informasi  seputar  Kalimantan Timur (Kaltim) ditayangkan  Kantor Berita ANTARA  Biro Kaltim pada Selasa (5/9), mulai dari Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Samarinda gencar sosialisasi layanan persengketaan konsumen secara gratis, hingga Pemerintah Provinsi Kaltim melatih disabilitas menganyam rotan.

Berikut rangkuman informasi seputar  Kaltim kemarin yang masih menarik untuk dibaca kembali.

1. Layanan sengketa konsumen

Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Samarinda gencar sosialisasi kepada masyarakat tentang fungsi dan peran lembaga tersebut terkait penyelesaian sengketa konsumen secara gratis dan cepat.
 
Ketua BPSK Samarinda Asran Yunisran di Samarinda, Selasa, mengatakan lembaganya merupakan alternatif penyelesaian sengketa konsumen secara gratis, berbeda dengan pengadilan yang harus membayar biaya perkara.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

2. Pangan lokal untuk stunting

Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Timur Jaya Mualimin mengimbau warga Kaltim memanfaatkan sumber daya alam yang melimpah di provinsi itu untuk melawan gangguan pertumbuhan akibat kekurangan gizi (stunting).
 
"Pangan dari SDA lokal, seperti tanaman pangan lokal, buah-buahan, sayuran, ikan, daging, telur, susu, dan lain-lain amat baik untuk memenuhi kebutuhan gizi yang seimbang bagi ibu hamil, menyusui, dan anak-anak," ujar Jaya di Samarinda, Selasa.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

3. Kesiapan tuan rumah Harkanas 2024

Kalimantan Timur (Kaltim) akan menjadi tuan rumah peringatan Hari Kearsipan Nasional (Harkanas) 2024 yang diikuti oleh Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) se-Indonesia.
 
"Untuk mempersiapkan acara tersebut, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim bersama tim Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melakukan survei calon lokasi yang akan menjadi tempat pertemuan dan pameran kearsipan," kata Kepala DPK Kaltim Muhammad Syafranuddin di Samarinda, Selasa.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

4. Titik panas turun

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan menyebutkan pada Selasa (5/9) jumlah titik panas di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) turun menjadi 129, berkurang drastis ketimbang hari sebelumnya yang terdeteksi 406 titik.

"Sebanyak 129 titik panas tersebut terpantau hari ini mulai pukul 01.00 hingga 16.00 WITA dan tersebar di enam kabupaten," ujar Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman - Sepinggan BMKG Balikpapan Diyan Novrida di Balikpapan, Selasa.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

5. Disabilitas dilatih menganyam rotan

Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop-UKM) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) memberikan pelatihan keterampilan menganyam rotan kepada puluhan penyandang disabillitas.

Pelaksana tugas Kepala Disperindagkop-UKM Kaltim Heni Purwaningsih mengatakan melalui pelatihan ketrampilan ini diharapkan kaum disabillitas punya bekal menuju kemandirian.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : M.Ghofar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023