Sejumlah   informasi  seputar  Kalimantan Timur (Kaltim) ditayangkan  Kantor Berita ANTARA  Biro Kaltim pada Kamis (31/8), mulai dari Inspektorat daerah Kaltim sebut telah menangani aduan Pegawai Negeri Sipil (PNS) selingkuh setiap bulan, hingga DPRD Kaltim telah merekapitulasi lima nama yang diusulkan fraksi-fraksi untuk nantinya dikerucutkan  menjadi tiga calon Pj Gubernur yang akan diusulkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)

Berikut rangkuman informasi seputar  Kaltim kemarin yang masih menarik untuk dibaca kembali.

1. PNS selingkuh

Kepala Inspektorat Daerah (Itda) Provinsi Kalimantan Timur (Itda Kaltim) Irfan Prananta mengakui adanya kasus perselingkuhan antar Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan pemerintahan daerah. Namun, pihaknya tidak bisa merinci berapa jumlah kasus yang ditangani setiap bulan.
 
“Perselingkuhan intinya kita tahu ada terjadi. Kalau jumlah saya tidak bisa menyebutkan berapa, tapi kalau setiap bulan pasti ada yang kami tangani,” ujar Irfan Prananta di Samarinda, Kamis.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

2. Pj Gubernur harus paham potensi daerah

Legislator Provinsi Kaltim yang juga anggota Komisi I Jahidin menegaskan tiga nama yang akan diusulkan sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim harus merupakan putra daerah yang memahami kondisi dan potensi daerah setempat.
 
“Kita minta yang jelas orang dari Kaltim, apakah dia bertugas di Jakarta tetapi orang Kaltim. Tiga tiganya putra daerah karena memang memenuhi syarat, dan syarat kepangkatan nya adalah eselon I, bukan fungsional tapi struktural,” kata Jahidin kepada ANTARA di Samarinda, Kamis.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

3. Dana bagi hasil dari STS Muara Berau

Pengelola terminal alih muat barang di Perairan Muara Berau, Kalimantan Timur yakni PT Pelabuhan Tiga Bersaudara mengatakan penerapan tarif pada kegiatan pemindahan muatan antar kapal atau Ship To Ship (STS) bisa memberikan dampak pada peningkatan pendapatan daerah khususnya melalui Dana Bagi Hasil (DBH).

Direktur Pengembangan Bisnis PTB, Kamaruddin Abtami di Samarinda, Kamis, menjelaskan pengguna jasa di terminal perairan Muara Berau didominasi kapal pengangkut batubara baik untuk keperluan domestik maupun ekspor ke mancanegara.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

4. Desa Wisata Merdeka Awards

Pemerintah Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur, menerima penghargaan kategori Program Desa Wisata dalam ajang Merdeka Awards 2023, yang diterima Wakil Bupati Kutai Timur Kasmidi Bulang di Jakarta.

Wakil Bupati Kasmidi Bulang menyampaikan penghargaan itu sebagai bukti kinerja positif yang telah dicapai dan juga sekaligus mendorong semua pihak untuk terus termotivasi dalam upaya pembangunan lebih lanjut.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

5. Rekap calon Pj Gubernur

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) sedang memproses tiga nama calon Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim  yang nantinya diusulkan ke pemerintah pusat setelah dilakukan rapat internal pada 5 September 2023.
 
Ketua DPRD Provinsi Kaltim Hasanuddin Mas’ud di Samarinda, Kamis, mengatakan dari delapan fraksi yang ada di DPRD Kaltim, mengajukan nama-nama calon, namun ternyata hasil usulan ada lima nama yang muncul sebagai calon Pj Gubernur Kaltim.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023