Sebanyak tujuh kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) diprakirakan cerah hingga panas pada Rabu-Kamis (30-31/8), suhu antara 24-34 derajat Celsius dengan kecepatan angin 10-30 kilometer per jam.

"Tujuh kota/kabupaten itu adalah Balikpapan, Samarinda, Bontang, Paser, Penajam Paser Utara (PPU), Kutai Kartanegara, dan Kutai Barat," kata Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan BMKG Balikpapan Heni Herlina di Balikpapan, Rabu.

Di Samarinda misalnya, cuaca cerah dan sebagian cerah berawan diprakirakan terjadi sepanjang Rabu ini hingga Kamis (31/8) sekitar pukul 08.00 WIB. Di Balikpapan dan lainnya juga demikian.

Sedangkan untuk tiga kabupaten lainnya, meski secara umum juga dengan cuaca cerah dan panas, ada beberapa waktu yang mengalami mendung hingga hujan ringan, seperti di Kabupaten Berau, hujan ringan diprakirakan terjadi pada Rabu ini sekitar pukul 14.00 Wita, 17.00, 20.00, dan 23.00 Wita di Kecamatan Kelay dan Segah.

Kemudian, pada Kamis (31/8) dini hari sekitar pukul 02.00 Wita, hujan ringan diprakirakan terjadi pada empat kecamatan, yakni Tanjung Redeb, Gunung Tabur, Sambaliung, dan Teluk Bayur, lantas hingga pukul 08.00 pagi diprakirakan kembali cerah.

Selanjutnya, di Kabupaten Kutai Timur, sebagian besar kecamatan bercuaca cerah, hanya dua kecamatan yang diprakirakan hujan ringan pada pukul 17.00, 20.00, dan 23.00 Wita, yakni Kecamatan Busang dan Muara Wahau.

Berikutnya adalah Kabupaten Mahakam Ulu, di daerah yang dikenal tidak kenal musim, karena tetap hujan meski musim kemarau. Pada Rabu ini diprakirakan terjadi hujan ringan pada empat dari lima kecamatan yang ada.

"Empat kecamatan tersebut, adalah Long Apari, Long Bagun, Laham, dan Long Panghangai. Hujan ringan terjadi pada pukul 14.00, 17.00, 20.00, dan 23.00 Wita, kecuali Kecamatan Long Hubung yang berawan dan cerah pada Rabu ini hingga Kamis pagi," katanya.

 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023