Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kalimantan Timur  (Kaltim) Munawar mengatakan kepemimpinan Gubernur Isran Noor dan Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi selama lima tahun telah banyak yang dicapai berupa asas manfaat di berbagai sektor, terutama di bidang energi.
 
“Kami di ESDM lebih banyak menuju keberhasilan, ada beberapa daerah yang tidak punya listrik di luar jangkauan PLN bisa terlaksana, PLTS terpusat maupun lain-lain. Hal ini  tentunya dapat dirasakan masyarakat bagaimana mereka belajar tidak ada penerangan. Terus  ada penerangan hanya dari pukul 18.00 Wita sampai  06.00 Wita , tapi sekarang asas manfaatnya bisa  24 jam teraliri listrik,” kata Munawar dalam keterangan tertulisnya, Senin.
 
Ia mengatakan, selain desa tertinggal, terdepan, dan terluar (3T), masih ada capaian yang dikerjakan bersama dengan OPD lain, seperti Dinas Pariwisata. Misalnya, menyediakan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di area wisata yang belum ada PJUTS, termasuk juga sekolah yang belum di jangkau oleh PLN.
 
“Inilah tugas kami Dinas ESDM dalam melaksanakan asas manfaat yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.
 
Menurutnya pemerataan kebutuhan dasar  bermanfaat bagi masyarakat baik itu ekonomi, pendidikan, kesehatan. Apalagi bermanfaat bagi masyarakat miskin.
 
Munawar juga mengapresiasi program bantuan rumah layak huni yang dilakukan oleh pemerintah provinsi melalui dana CSR. Program tersebut sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat yang membutuhkan.
 
“Kalau yang lain kita sudah tahu bagaimana beliau memimpin dengan bahu membahu," ucapnya.
 
Munawarkan  menegaskan, beberapa hal yang membanggakan dari kepemimpinan Isran-Hadi terkait peningkatan APBD, yakni menambah pendapatan dari sektor energi, termasuk pengupayaan penarikan kontribusi dari IUPK.
 
"Adanya tambahan anggaran sangat membantu bagi pembangunan berkelanjutan,” pungkas Munawar.
 

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023