Berdasar hasil latihan dan uji coba yang dimainkan, pelatih Persiba Balikpapan Nil Maizar menyatakan sudah mengantongi nama-nama pemain yang akan menjadi pemain inti Beruang Madu di kompetisi Liga 2 yang bergulir dalam waktu dekat.

"Saya sudah lihat permainan anak-anak dalam uji coba. Banyak hal positif yang kami dapatkan," kata pelatih Nil di Balikpapan, Minggu.

“Jadi sudah ada gambaran untuk starting eleven yang terbaik untuk menghadapi kompetisi Liga 2 yang akan dimulai 10 September,” sambungnya.

Dalam beberapa kali uji coba, pelatih kerap mencoba satu pemain di berbagai posisi dalam beberapa kemungkinan strategi dan taktik permainan, termasuk saat melawan FC Bekasi City pada Sabtu (26/8) di Karawang dan sebelumnya saat melawan PSPS Pekanbaru di Stadion Batakan, Balikpapan.

Baca juga: Persiba Balikpapan ke Jakarta lagi cari lawan tanding baru

Saat melawan Bekasi City, pelatih mencoba menurunkan pemain baru, di antaranya menurunkan kiper ketiga. Namun, Beruang Madu harus mengakui keunggulan sesama tim Liga 2 tersebut dengan skor 0-1. Gol Bekasi dicetak striker Ezechiel Ndouasel yang memanfaatkan kesalahan kiper ketiga Persiba Dian Rizkiana.

"Semoga itu jadi pelajaran juga," katanya yang juga menegaskan bahwa permainan Persiba tidak kalah dan mampu mengimbangi lawan dengan baik.

Sebelumnya, pada Rabu (23/8) Persiba bermain imbang 0-0 lawan Semen Padang FC dalam laga uji coba di Stadion Atang Soetrisna di Jakarta. Hasil imbang tersebut, menurut Pelatih, cukup adil karena kondisi Lapangan Atang Soetrisna menyulitkan kedua tim mengembangkan permainan.

Baca juga: Persiba Balikpapan pulang kandang disambut dengan jumpa penggemar

Meski demikian, Nil melihat anak-anak asuhnya sudah cukup sukses menjalankan semua instruksinya dan sebenarnya tinggal meningkatkan intensitas permainan. Namun kondisi lapangan membuat para pemain kedua kubu berhati-hati agar jangan sampai cedera.

"Kompetisi sudah dekat soalnya. Nanti kalau uji coba lagi kami akan cari lapangan yang lebih baik," demikian Pelatih Nil Maizar.

Dan dalam sisa waktu sekitar dua pekan sebelum kick off Liga 2, Nil akan tetap membenahi tim termasuk untuk hal-hal mendasar seperti passing, kontrol bola, taktik, dan strategi hingga mental bertanding.

Baca juga: Persiba gelar dua laga uji coba di Stadion Batakan

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023