Provinsi Kalimantan Timur mengandalkan sejumlah atlet penggawa PON XX Papua sebagai kekuatan utama untuk merebut medali Kejuaraan Nasional Anggar 2023 di Provinsi Banten.

Pelaksana Ketua Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) Kaltim Ahmad Saibi, di Samarinda, Jumat, mengatakan mayoritas atlet peraih medali PON Papua akan turun pada kejuaraan yang juga menjadi ajang pra-kualifikasi PON Aceh-Sumut itu.

"Kekuatan kami 24 atlet, 90 persen diantaranya merupakan atlet PON Papua dan sisanya merupakan atlet baru. Kami meyakini bisa meraih medali emas serta lolos menuju PON Aceh- Sumut," kata Ahmad Saibi.

Pada PON XX Papua, tim anggar Kalimantan Timur meraih dua medali emas, tiga perak, dan satu perunggu.

Dua medali emas tersebut diraih oleh Gebby Novita pada nomor sabel perorangan putri, lalu Gebby Novita, Ima Safitri dan Eka Ratih Nofebri pada nomor sabel beregu putri.

Baca juga: PON Papua - Kaltim raih emas kedua anggar dari sabel beregu putri

"Nomor sabel putri masih menjadi andalan kami untuk meraih medali emas meskipun atlet andalan, Eka, absen dalam tim karena cedera," kata Saibi.

Saibi tidak memungkiri atlet-atlet daerah lain khususnya dari Riau, Jawa Barat, dan Jawa Tengah terus berbenah. Sejumlah atlet daerah lain itu juga menjalani persiapan serius dengan berlatih ke luar negeri.

"Kami tetap optimis karena persiapan menuju Pra PON cukup panjang. Kami mulai awal persiapan Pekan Olahraga Provinsi Kaltim 2022. Para juara Porprov secara otomatis masuk dalam tim Pra-PON Kaltim dan langsung menjalani persiapan," ujar Saibi.

Kejurnas Anggar Pra-PON 2023 dijadwalkan berlangsung pada 1-6 September di GOR Gondrong, Cipondoh, Banten.

Baca juga: Atlet panahan Penajam lolos untuk ikut seleksi kejurnas junior Pra-Pon

"Tim Kaltim terdiri dari 24 atlet dan enam pelatih akan berangkat mengikuti kejurnas pada 29 Agustus. Kami minta dukungan serta doa masyarakat supaya kegiatan bisa berlangsung lancar dan sukses," kata Pelatih anggar Kaltim Hendi Gustinanda.

Sementara, Ketua KONI Kaltim Rusdiansyah Aras mengatakan atlet-atlet Kaltim dari semua cabang olahraga tengah berjuang untuk meraih tiket PON ke-21 di Sumut dan Aceh.

"Hasil sementara Pra-PON, 20 cabang olahraga telah menyelesaikan babak pra-kualifikasi. Hasil itu menempatkan Kaltim pada posisi keenam nasional dengan 168 atlet yang lolos PON," kata Rusdi.

Rusdi berharap atlet Kaltim yang belum menyelesaikan Pra-PON terus berjuang seoptimal mungkin meraih tiket lolos PON sekaligus mencetak prestasi terbaik tingkat nasional.

Baca juga: Persiapan PON Aceh-Sumut 2024 berjalan sesuai tahapan

Pewarta: Arumanto

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023