Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan dalam deteksinya berhasil memantau sebanyak 56 titik panas tersebar di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), sehingga pihak terkait diharap melakukan penanganan.

"Sebanyak 56 titik panas itu terpantau sepanjang Selasa mulai pukul 01.00 hingga 24.00 WITA," ujar Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman - Sepinggan Balikpapan Diyan Novrida di Balikpapan, Rabu.

Titik panas merupakan indikator kebakaran hutan atau lahan (karhutla) yang terdeteksi dari suatu lokasi, dengan suhu relatif tinggi dibandingkan dengan suhu di sekitarnya.

Untuk itu ia mengajak semua lapisan masyarakat saling menjaga dan waspada, seperti tidak membuang puntung rokok sembarangan, kemudian tidak melakukan pembakaran saat mengelola lahan.

Sebaran 56 titik panas tersebut langsung diinformasikan kepada pihak terkait di wilayah kerja masing-masing, termasuk ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Sebelumnya, Minggu, 20/8, BMKG Balikpapan juga mendeteksi 153 titik panas tersebar di satu kota dan tujuh kabupaten, yakni Kota Bontang 1 titik, Kabupaten Paser (22), Penajam Paser Utara (1), Kutai Barat (14), Kutai Timur (29), Kutai Kartanegara (46), Berau (26), dan Kabupaten Mahakam Ulu (14) titik panas.

Namun titik panas tersebut sudah padam setelah diinformasikan ke pihak terkait dan langsung dilakukan penanganan, sedangkan 56 titik panas yang terpantau sepanjang Selasa kemarin merupakan titik panas di lokasi berbeda.

Sebanyak 56 titik panas ini tersebar di enam kabupaten, yakni Paser (4), Penajam Paser Utara (1), Kutai Timur (24), Kutai Kartanegara (5), Berau (20), dan Kabupaten Mahakam Ulu (2) titik panas.

Rinciannya antara lain titik di Berau yang terdeteksi 20 titik, tersebar pada tujuh kecamatan yakni Kelay (3), Pulau Derawan (9), Sambaliung (1), Segah (1), Tabalar (3), Talisayan (1), Teluk Bayur (2) yang semuanya memiliki tingkat kepercayaan menengah.

"Di Penajam Paser Utara yang terdeteksi satu titik, berada di Kecamatan Babulu dengan tingkat kepercayaan menengah," kata Diyan.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023