Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur turut ambil bagian pada kegiatan Kongres Perpustakaan dan Informasi Dunia dalam peringatan International Federation of Library Associations and Institutions ke- 88 tahub 2023 (88th IFLA 2023) di Rotterdam Belanda.

Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi mengatakan, partisipasi daerahnya mengikuti kegiatan internasional ini untuk menambah pengalaman dan pengetahuan pengembangan program perpustakaan.

"Alhamdulillah kami sudah sampai di Rotterdam Belanda. Dengan tujuan mengikuti IFLA Kongres 2023. Melalui momen ini, pengembangan perpustakaan di Kaltim diharapkan semakin baik dan bermanfaat," kata Wagub Hadi Mulyadi dalam keterangan di Samarinda, Selasa.

Wagub Hadi Mulyadi memimpin rombongan delegasi Kaltim bersama Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Achmed Reza Fachlevi, rombongan Benua Etam tiba di Rotterdam langsung ke lokasi kegiatan yang dijadwalkan sejak 21-25 Agustus 2023.

Pembukaan kongres juga diikuti Kepala Perpustakaan Nasional RI Syarif Bando. Termasuk, pengelola Perpustakaan dan Pustakawan se Indonesia khususnya Provinsi Kaltim. Sedangkan acara dibuka oleh Presiden IFLA Barbara Lison.

"Pesertanya kurang lebih 2.500 orang se dunia. Dimulai Senin 21 Agustus 2023 waktu Belanda," ucap Wagub.

Bagi Kaltim, mengikuti IFLA tahun 2023 merupakan kali pertama dan sangat penting dalam pengembangan perpustakaan kedepannya.

Wagub menerangkan, selama di Belanda, delegasi Kaltim akan mendalami pengelolaan perpustakaan.

“Kami akan mendalami pengelolaan perpustakaan di beberapa negara. Karena, dalam diskusi antar negara akan dilakukan pembicaraan terkait pengalaman sejumlah negara mengelola perpustakaan,” katanya.

Pada kesempatan itu, Wagub Hadi menyerahkan selendang atau syal batik asal Kaltim kepada seiumlah peserta yang hadir, sembari mengenalkan bagaimana potensi yang ada di daerah ini.

Kedatangan Hadi Mulyadi di Belanda disambut Kepala Perpustakaan Nasional RI Syarif Bando. 
 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023