Jumlah kunjungan wisatawan nusantara (wisnus) ke Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) hingga Triwulan II-2023 mencapai 865.101 orang, tercapai 37,61 persen dari total target hingga akhir 2023 yang sebanyak 2,3 juta kunjungan.

"Kami optimistis target ini bakal tercapai karena jumlah pengunjung biasanya meningkat drastis mulai dari Agustus hingga akhir tahun," ujar Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim Ahmad Herwansyah di Samarinda, Rabu.

Didampingi Kabid Pemasaran Pariwisata Restiawan Baihaqi ia melanjutkan, Agustus banyak pengunjung datang karena di bulan ini banyak kegiatan yang digelar oleh masyarakat perkotaan hingga perdesaan, mengingat warga selalu merayakan HUT Kemerdekaan RI yang juga dikaitkan dengan budaya masing-masing.

Kemudian pada September, Oktober, November, dan Desember, kabupaten/kota di Kaltim menggelar berbagai upacara budaya masing-masing, antara lain Festival Budaya Erau di Kabupaten Kutai Kartanegara yang digelar pada September.

Kemudian Hudoq Pekayang yang digelar pada Oktober, lantas Festival Budaya Melas Taon di Kabupaten Paser yang digelar pada Desember, kemudian Kabupaten Berau ada Pesta Budaya Merasa oleh warga Dayak di Kecamatan Kelay yang digelar pada Desember.

Semua kegiatan budaya tahunan maupun festival budaya daerah ini tentu dapat memancing pengunjung dari berbagai daerah untuk datang ke Kaltim, hal ini tentu akan mencatat daftar panjang terhadap peningkatan jumlah kunjungan wisata.

Belum lagi wisatawan nusantara yang memang tertarik dengan berbagai objek wisata di Kaltim, misalnya di Berau ada wisata bahari di Pulau Derawan dan Maratua. Ada pula danau berwarna biru, yakni Danau Labuan Cermin di Desa Labuan Kelambu di Kecamatan Biduk-Biduk.

"Selain Berau, di berbagai kabupaten/kota lain di Kaltim juga banyak memiliki destinasi wisata baik wisata bahari, wisata budaya, wisata alam baik sungai maupun pengunungan, hutan, dan lainnya. Semua destinasi ini memiliki daya tarik tersendiri," katanya.

Ia juga mengatakan, promosi destinasi wisata di Kaltim ke sejumlah daerah juga kerap dilakukan, di antaranya dengan mengikuti Bali and Beyond Travel Fair (BBTF) di Bali, karena di Bali memang banyak wisatawan asing yang diharapkan dari Bali bisa terbang ke Kaltim.

"Selain wisnus, capaian wisatawan mancanegara (wisman) hingga Triwulan II-2023 juga sudah sebanyak 4.585 orang, atau tercapai 43 persen dari yang kami targetkan tahun ini. Melalui berbagai promosi ini, tentu selain untuk mendorong wisman ke Kaltim, kunjungan wisnus juga diharapkan bertambah," kata Baihaqi.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023