Wakil Gubernur Kalimantan Timur Hadi Mulyadi mengukuhkan pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) yang akan bertugas pada upacara peringatan proklamasi kemerdekaan ke-78 RI di provinsi Kaltim  pada 17 Agustus 2023.
 
"Mari menjaga keutuhan NKRI dan menghargai jasa para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan dari penjajah," ujar Wagub Hadi saat pengukuhan di Gedung Odah Etam Samarinda, Selasa.
 
Ia juga menekankan pentingnya semangat Sumpah Pemuda yang menyatukan seluruh anak bangsa lintas agama, suku, dan bahasa.
 
Hadi  menyebutkan sejarah perjuangan bangsa Indonesia yang penuh dengan pengorbanan dan tantangan. 
 
Ia mencontohkan, beberapa negara yang pecah karena perbedaan agama, suku, atau ideologi, seperti India, Pakistan, Bangladesh, Cekoslowakia, dan Uni Soviet.
 
"Negara Kesatuan Republik Indonesia terdiri dari 17.000 pulau, 38 provinsi, 514 kabupaten/kota, dan lebih 500 suku bangsa serta enam agama bersatu dalam negara kesatuan Republik Indonesia selama 78 tahun,” katanya.
 
Hadi berharap para Paskibraka dapat menjadi generasi penerus yang mampu mempertahankan dan memajukan Indonesia sebagai negara besar dan beradab.
 
Ia juga berterima kasih kepada para orang tua, guru, dan pelatih yang telah mendidik dan membimbing para Paskibraka.
 
"Kita doakan agar para Paskibraka diberikan rahmat dan kesehatan dalam menjalankan tugas negara pada upacara HUT RI 17 Agustus 2023," ujar Hadi.
 

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023