PT Kideco Jaya Agung (Kideco) member of Indika Energy Group menggelar Kideco Volley ball Tournament I 2023 yang diikuti para pelajar tingkat SMP dan SMA guna mencari atlet lokal berprestasi yang disiapkan berkompetisi pada Pekan Olahraga Pelajar (Porprov) Kaltim 2026.

Turnamen bertajuk "Paser bisa dengan atlet sendiri menuju Porprov 2026" dibuka Bupati Paser Fahmi Fadli, di Gelanggang Olahraga (GOR) Tapis, Senin (7/8).

Hadir dalam pembukaan turnamen bola voli Presiden Direktur PT Kideco Jaya Agung, M Kurnia Ariawan, Ketua DPRD Paser Hendra Wahyudi, Kapolres Paser AKBP Kade Budiyarta, dan Dandim 0904 Paser Letkol Inf Ary Susetyo. 

"Penyelenggaraan turnamen bola voli sebagai bentuk komitmen Kideco memajukan olahraga khususnya di Kabupaten Paser," kata Presiden Direktur PT Kideco Jaya Agung, M Kurnia Ariawan.

Ia mengatakan melalui turnamen tersebut pihaknya optimistis akan muncul atlet-atlet lokal bola voli berbakat yang siap berkompetisi di tingkat daerah maupun nasional.

Dari kegiatan turnamen kali pertama ini, Kurnia Ariawan melihat antusiasme masyarakat terhadap olahraga bola voli ini cukup tinggi. Hal ini terbukti dari pendaftaran yang diterima lebih dari kuota yang ditetapkan.
 
Bupati Paser, dr Fahmi Fadli (Tengah) didampingi Presiden Direktur Kideco, M.Kurnia Ariawan saat pembukaan turnamen Kideco Volleyball Tournament 2023 (Antaranews Kaltim/HO/Kideco)


Ke depan, kata dia Kideco akan menggelar turnamen cabang olah raga lain mengingat antusias masyarakat Paser terhadap olah raga sangat tinggi.

“Nantinya bukan hanya olah raga voli saja, ke depan kami akan menggelar turnamen cabang olahraga lainnya,” ujarnya.

Sementara Ketua Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Kabupaten Paser, Zulkifli, mengatakan turnamen Volley ball ini dimanfaatkan sebagai ajang seleksi atlet untuk mengikuti Porprov Kaltim 2026 yang diselenggarakan di Kabupaten Paser sebagai tuan rumah.

“Untuk mematangkan kesiapan atlet berkompetisi kami berharap Kideco bisa mendatangkan pelatih dari luar daerah,” katanya. 

Turnamen Volley ball ini  berlangsung 7-11 Agustus  2023 yang diikuti 48 tim, terdiri dari 21 tim pelajar SMP dan 27 tim pelajar SMA. 

Untuk diketahui PT Kideco Jaya Agung merupakan perusahaan pertambangan batubara generasi pertama yang didirikan pada tahun 1982. 

Kegiatan pertambangan Kideco berlokasi di Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur dengan produksi komersial dimulai pada tahun 1993 sebesar 1,2 juta ton dan mencapai produksi kumulatif 600 juta ton pada tahun 2021. 

PT Kideco Jaya Agung bergerak dalam pengelolaan sumber daya alam dan berkontribusi terhadap pasokan energi di Indonesia.
 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023