Samarinda (ANTARA Kaltim)- Atlet Kempo Kalimantan Timur menjalani pemusatan latihan dalam rangka desentralisasi mandiri menuju PON 2016 di dua tempat yakni Samarinda dan Tenggarong, Kutai Kartanegara.

Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Persaudaraan Beladiri Kempo Indonesia (Perkemi) Kaltim Zuhdy Yahya di Samarinda, Rabu, mengatakan dalam rangkan persiapan jangka panjang menuju PON di Jawa Barat tersebut Perkemi Kaltim menyiapkan 34 atlet untuk ikut dalam pemusatan latihan.

"Pemilihan atlet berdasarkan hasil seleksi, 20 atlet Samarinda, 11 dari Kutai Kertanegara dan 2 dari Kutai Barat," katanya.

Ia mengatkan, pelaksanaan latihan di Samarinda dipusatkan di GOR Latihan Kompleks Stadion Madya Sempaja, sedangkan lainnya menjalani latihan di Tenggarong.

Menurut Zuhdy, selama latihan para kensi Kaltim tersebut ditangani dua pelatih, yakni Hendra Irawan dan Sukmawati.

Pelatih Kempo Kaltim Hendra mengatakan, pada tahap awal ini program latihan baru difokuskan dalam pembenahan fisik, mental dan daya tahan.

"Kesiapan mental sangat berpengaruh di saat mereka bertarung," kata Hendra.

Menurut dia, selain melaksanakan pemusatan latihan (TC) Desentralisasi Mandiri untuk persiapan PON XIX/2016 di Jawa Barat, atlet juga berlatih untuk persiapan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) V September.

"Nantinya masing-masing atlet akan kembali ke daerah untuk persiapan Porprov, Setelah itu baru mereka kembali berlatih seperti biasanya," ujarnya.

Selain persiapan Porprov, mereka juga latihan untuk menuju kejuaraan provinsi (kejurprov) yang akan digelar 5-9 Maret 2014.

"Tinggal mematangkan mereka bagaimana bisa diandalkan di masing-masing kelas, apalagi waktunya tidak lama lagi," kata Hendra.(*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014