Sejumlah informasi seputar Kalimantan Timur (Kaltim) ditayangkan Kantor Berita ANTARA Biro Kaltim pada Minggu (6/8), mulai dari Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim waspadai serangan penyakit musim kemarau, hingga Kantor Imigrasi Kelas I Samarinda tangkal penyelundupan manusia ke luar negeri.
 
Berikut rangkuman informasi seputar Kaltim kemarin yang masih menarik untuk dibaca kembali:
 
1. Waspada penyakit musim kemarau
 
Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur mengingatkan masyarakat agar waspada serangan penyakit yang terjadi pada musim kemarau, serta selalu menjaga kebersihan dan kesehatan.
 
"Masyarakat perlu menjaga pola hidup bersih, mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh, mencuci tangan saat makan dan minum, serta berolahraga secara teratur. Tapi, hindari aktivitas olahraga di bawah terik sinar matahari," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kaltim Jaya Mualimin di Samarinda, Minggu.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
2. Stok pertanian kurangi inflasi
 
Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur menyatakan pengadaan mesin penyimpan produk pertanian (control atmosphere storage/CAS) mampu mengerem laju inflasi, karena produk bisa dikeluarkan saat harga bergejolak.
 
Alat penyimpan produk setelah panen atau CAS mampu menyimpan komoditas dengan kualitas terjaga selama enam bulan seperti cabai, bawang merah maupun komoditas lain yang sering menjadi pendorong inflasi.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
3. Belum bisa proses migrasi WNA
 
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, belum bisa memproses permohonan migrasi atau berpindah kependudukan warga negara asing (WNA) menjadi penduduk di daerah berjuluk Benuo Taka itu.
 
Dinas Dukcapil Kabupaten Penajam Paser Utara, belum bisa menerbitkan kartu tanda penduduk (KTP) warga negara asing (WNA) itu, sebab blanko KTP elektronik bagi WNA tidak tersedia.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
4. Tangkal perdagangan orang ke luar negeri
 
Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Samarinda Washington Saut Dompak, mengungkapkan langkah-langkah yang diambil pihak Imigrasi untuk mencegah Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dan penyelundupan manusia. 
 
Menurut Washington, beberapa korban TPPO menggunakan dokumen resmi dan izin dari penyalur pekerja migran Indonesia, tapi mereka mengalami kondisi berbeda dari apa yang telah dikontrakkan.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
5. Penumpang internasional naik dua kali lipat
 
Jumlah penumpang angkutan udara tujuan luar negeri dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, Kaltim, pada Juni 2023 mengalami peningkatan tajam ketimbang bulan sebelumnya, yakni mencapai 100,75 persen.
 
Di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), saat ini hanya ada Bandara SAMS Sepinggan yang melayani penerbangan ke luar negeri, seperti ke Kuala Lumpur, Singapura, maupun ke Dubai, sementara bandara lainnya di Kaltim hanya melayani penerbangan domestik.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023