Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Wacana pembangunan museum di Balikpapan, dan ditargetkan beroperasi 2015 mendapat dukungan anggota DPRD Kaltim.
Bila kelak beroperasi, museum tersebut nantinya akan menjadi sebuah tempat untuk mendapatkan informasi seputar sejarah daerah Kalimantan Timur.

Anggota DPRD Kaltim Encik Widyani menilai, wacana pembangunan museum di Kota Minyak wajib diapresiasi dan didukung oleh seluruh elemen masyarakat, terutama dari Dinas Pariwisata Kaltim. “Saya menyambut baik wacana serta gagasan pembangunan museum tersebut di Balikpapan agar kita sebagai warga Kaltim tidak akan lupa akan sejarah daerah ini. Tentunya sejarah Kota Balikpapan dan kota-kota lain di Kalimantan Timur,“ ucapnya.

Lebih lanjut lagi anggota Fraksi Golkar ini mengatakan, Pengetahuan akan sejarah menentukan seberapa baik masyarakat mengenal dan menghargai bangsanya itu sendiri. Semua negara maju memiliki perhatian besar terhadap keberadaan museum yang mendokumentasikan dengan baik perjalanan bangsanya.

“Jadi sudah semestinya Kalimantan Timur khususnya Balikpapan dan kota-kota lain di Kaltim memiliki museum dengan fasilitas yang memadai, tanpa melupakan museum yang sudah ada. Karena bukan hanya sebagai penghargaan atas sejarah bangsa dan daerah, namun juga sebagai pusat informasi akan sumber sejarah di Kaltim,“ bebernya.

Keberadaan museum, sebutnya, juga akan berimbas pada sektor pariwisata di Kaltim dan tentunya akan menjadi pemasukan bila museum tersebut dikelola profesional.

Anggota Komisi IV DPRD kaltim ini berharap  pembangunan museum ini tidak hanya menjadi sebuah wacana. “Namun bisa segera terwujud. Di sisi lain hal-hal penunjang pembangunan museum juga harus diperhatikan, baik soal pengelolaan maupun fasilitas serta infrastruktur pendukung lainnya, agar nantinya pengunjung mendapatkan kesan nyaman,“ harapnya. (Humas DPRD Kaltim/adv/yud/dhi/met)









Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014