Surabaya (ANTARA Kaltim)- Anggota Komisi II DPRD Kaltim mengapresiasi perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Jawa Timur. Prestasi tersebut menggiring komisi yang berjuang di bidang perekonomian kerakyatan ini untuk belajar ke Surabaya Kamis, (23/1) lalu.

Anggota Komisi II belajar dari daerah yang memberikan perhatian ekstra pada sektor UMKM ini.

Salah satu Anggota Komisi II Andarias P Sirenden menyatakan, mereka meyakini dukungan optimal serta langkah strategis pemerintah  Jawa Timur pada sektor inilah yang membawa daerah ini menjadi daerah yang patut dijadikan kiblat bagi daerah lain agar mencapai kesuksesan.  

“Kesuksesan pada UMKM tentu akan membawa peningkatan kesejahteraan bagi rakyat. Setidaknya perbaikan ekonomi rakyat di daerah ini cukup ditopang dari usaha-usaha seperti melalui UMKM,” ungkap Andarias setelah berkunjung ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jatim.

Pemerintah Jatim menurutnya memiliki langkah-langkah strategis dalam menjalankan roda perekonomian pada sektor UMKM, seperti pembinaan terhadap pelaku-pelaku UMKM. Selain itu Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) yang berdiri juga memberi peran penting dalam mendukung kegiatan UMKM di daerah ini.

Selain itu, Andarias menyebutkan, Kaltim saat ini masih terus mengembangkan Koperasi dan UMKM yang ada di seluruh daerah ini.

Upaya terus dilakukan guna membantu pelaku usaha mikro terus berkembang melalui modal usaha.
 
“Ini memang menjadi modal Kaltim sebagai wujud komitmen memajukan UMKM di Kaltim. Namun, untuk terus berkembang  dibutuhkan terobosan-terobosan untuk upaya peningkatan UMKM,” kata Andarias.

Berdasarkan catatan, di Kaltim terdata penyaluran kredit UMKM hingga akhir 2013 mencapai Rp 4,2 triliun. (Humas DPRD Kaltim/adv/lia/dhi/met)

Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014