Kepolisian Resor Kota (Polresta) Samarinda melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Patuh Mahakam 2023 di Lapangan Mapolresta Samarinda.
 
"Operasi Kepolisian Patuh Mahakam 2023 di bidang lalu lintas mempunyai tujuan yaitu menurunkan angka pelanggaran dan kecelakaan berlalu lintas serta meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dalam rangka cipta kondisi Kamseltibcarlantas," kata Waka Polresta Samarinda AKBP Eko Budiarto saat memimpin apel di Samarinda,Senin.

Ia mengatakan  lalu lintas merupakan urat nadi perekonomian, oleh sebab itu penegakan hukum dan keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran lalu lintas 
(Kamseltibcarkantas)  penting dalam menunjang kehidupan berbangsa dan bernegara. Sehingga keamanan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas merupakan suatu cermin keberhasilan dari pembangunan peradaban modern. 
 
Dikemukakan Eko, apel Operasi Patuh Mahakam tahun 2023 dengan tema "Patuh dan tertib berlalu lintas cermin moralitas bangsa" yang berlangsung selama 14 hari ke depan di mulai tanggal 10 Juli hingga 23 Juli 2023.
 
Ia menerangkan, berdasarkan data sementara dapat disimpulkan telah terjadi penurunan pada angka pelanggaran lalu lintas, namun ada peningkatan pada angka kecelakaan yang sangat signifikan.
 
 "Akan tetapi hal tersebut semata mata karena masih kurangnya budaya disiplin dan kepatuhan para pengguna jalan," ujar Eko.
 
Mencermati hal tersebut, katanya pada pelaksanaan operasi patuh tahun ini, diharapkan kepada jajaran Polresta Samarinda terutama satuan lalu lintas terus meningkatkan upaya  lebih efektif dengan mempedomani program prioritas Kapolri.
 
Selain itu, sasaran Operasi Patuh Mahakam tahun 2023 adalah untuk mengantisipasi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata  yang berpotensi  menghambat  keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran lalu lintas.
 
Ia berpesan kepada personel yang terlibat dalam Operasi Patuh Mahakam 2023 agar senantiasa menjaga kesehatan, baik mental serta fisik serta meluruskan niat setiap pelaksanaan tugas sebagai Ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa.
 
"Laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan. Mantapkan koordinasi dengan instansi terkait baik dari unsur pemerintah daerah maupun dengan jajaran TNI, agar operasi yang digelar dapat berjalan dengan maksimal.,” tandasnya.
 
Hadir pada apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Mahakam 2023, personil Brimob Bataliyon B Samarinda, personil Kodim 0901 Samarinda, personil Denpom VI/1 Mulawarman, Dishub Kota Samarinda.
 

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023