Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) ) Provinsi Kaltim bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kaltim kembali menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-29.

Pelaksanaan UKW angkatan ke-29 diikuti oleh 18 jurnalis dan dilaksanakan selama dua hari, yakni pada 13-14 Mei 2023 di ruang WIEK Kantor Diskominfo Kaltim Jalan Basuki Rahmat, Sabtu.

Kabid IKP dan Kehumasan Diskominfo Kaltim Irene Yuriantini menyambut baik kegiatan pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan angkatan ke-29.

Ia mengatakan kelancaran kegiatan juga tidak terlepas berkat kolaborasi bersama PWI Kaltim.

"Jadi selain ada anggaran dari Dinas Kominfo sendiri namun juga ada mandiri dari PWI sendiri," kata Irene di Samarinda, Sabtu.

Ia mengakui bahwa untuk saat sekarang ini sudah banyak media yang berdiri di Kaltim. Diskominfo Kaltim juga telah melakukan kerjasama dengan berbagai macam media.

Dari sekian banyak media yang sudah melakukan kerja sama dengan Diskominfo Kaltim, Irene menegaskan tentu ada aturan- aturan yang harus di taati bersama.

"Salah satunya kode etik jurnalistik dan undang undang pers," kata Irene sapaan akrabnya.

Irene menyampaikan beberapa pencapaian Pemerintah Provinsi Kaltim melalui Diskominfo yang setiap tahunnya mengalami peningkatan, diantaranya Indeks Kemerdekaan Pers (IKP) pada tahun 2022 yang dimana Kaltim menempati urutan ke 1.

"Kemudian untuk Kaltim juga kategorinya keterbukaan informasi termasuk Informatif. Termasuk pencapaian yang luar biasa," Ujar Irene.

Sebelum mengikuti UKW tersebut, sebanyak 18 orang wartawan dari berbagai daerah di Kaltim, diberikan pembekalan materi oleh Ketua Dewan Kehormatan PWI Kaltim Intoniswan dan Ketua PWI Kaltim Endro S Efendi, melalui Zoom Meting,

“Saya berpesan sebelum melaksanakan tugas liputan di lapangan, wartawan harus berpenampilan rapi mulai dari kepala hingga ujung kaki. Karena penampilan itu berpengaruh kepada narasumber yang akan kita wawancarai. Kalau tidak rapi, nanti narasumber bisa risih dan tidak mau diwawancarai. Ingat saat bertugas harus pake sepatu, jangan pake sandal,” kata Intoniswan.

Senada, disampaikan Ketua PWI Kaltim Endro S Efendi menegaskan, pendalaman materi jurnalistik pra UKW tersebut sangat penting. Karena tujuan UKW ini menunjukkan ketangkasan wartawan dalam mengolah berita hasil liputannya di lapangan.

“Terutama bagi calon wartawan muda, bahwa pendalaman materi ini untuk meningkatkan pengetahuan jurnalistik bagi para wartawan yang akan mengikuti UKW. Karena pengujinya dari luar Kota Kaltim yang akan memberi penilai terhadap peserta,” tutur Endro

Endro menambahkan juga pelaksanaan UKW nantinya membahas tentang berbagai teori jurnalistik, hingga bagaimana membangun jejaring kepada narasumber, yang nantinya akan dinilai agar bisa lulus dalam UKW dengan menjawab semua pertanyaan oleh penguji.*

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023