Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD Dandim 0912 Kubar Letkol Kav Yudhi Prasetyo Purnomo menjelaskan kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-116 yang berlangsung dari 11 Mei - 9 Juni 2023 di Laham, Mahakam Ulu Provinsi Kalimantan Timur, menargetkan pembangunan fisik selain juga menggelar sejumlah kegiatan non-fisik.
 

“Untuk pembangunan fisik, kami akan membangun pos Koramil Laham ukuran 14X8 dari kayu ulin dan kayu meranti,” katanya di Laham, Kamis.

Sebelumnya, sebagai bagian tak terpisahkan dari TMMD adalah juga Pra TMMD yang berlangsung antara 1 April hingga 9 Mei 2023, dalam pra TMMD ini para prajurit bersama warga memperbaiki kualitas sejumlah ruas jalan di Laham, diantaranya mengerjakan 700 meter pengecoran jalan beton yang adalah jalan pertanian.

“Dengan  demikian kami berharap TMMD Ke-116  juga membawa kelancaran perekonomian, jalan yang diperbaiki kualitasnya itu Insya Allah akan mempercepat pengangkutan kakao,  dan lebih memudahkan lagi transportasi logistik,” kata Dansatgas.

Untuk kegiatan non-fisik yang direncanakan yaitu sejumlah penyuluhan, ada penyuluhan pertanian sawah basah dan penyuluhan perkebunan, termasuk hal komoditas kakao yang menjadi primadona di Laham saat ini.

Kemudian juga ada pelayanan kesehatan berupa sosialisasi program Keluarga Berencana (KB), pencegahan stunting (kekerdilan pada anak), termasuk penyuluhan bahaya narkoba.

Selanjutnya, sosialisasi  bela negara dan wawasan kebangsaan, bahaya korupsi, serta pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

“Kami juga bekerja sama dengan kepolisian dari Polsek Laham,” kata Dansatgas Letkol Yudhi.

Ia menambahkan, kegiatan TMMD ke-116 tahun 2023 di wilayah Kodim 0912 Kubar ini adalah wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat, sebagai program terpadu antara TNI dan pemerintah daerah beserta masyarakat untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan daerah tertinggal, terluar, dan  terdepan dan mempercepat terwujudnya kesejahteraan rakyat.

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023