Jakarta (ANTARA Kaltim)–Perhatian dan kepedulian Pemerintah Provinsi Kaltim dibawah kepemimpinan Gubernur Awang Faroek Ishak terhadap pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak telah membuahkan prestasi di tingkat nasional berupa penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE).

Penghargaan APE yang diterima Kaltim di penghujung tahun ini merupakan yang ketiga kalinya setelah selama tiga tahun berturut-turut sejak tahun 2011 untuk kategori Pratama sedangkan tahun 2012 dan tahun 2013 untuk kategori Madya

.“Komitmen dan kepedulian Gubernur Awang Faroek terhadap program peningkatan taraf hidup dan kualitas sumber daya manusia melalui pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak mendapatkan apresiasi pemerintah pusat melalui  penghargaan APE untuk ketiga kalinya,” kata Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kaltim Hj Ardiningsih usai menerima tropi APE di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta, Rabu (18/12).

Menurut dia, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPP dan PA) telah menunjuk Kaltim menuju Provinsi Layak Anak selain beberapa kabupaten/kota di Kaltim yang telah ditetapkan sebagai daerah untuk pengembangan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA).

Dalam pengembangan program KLA tersebut pemerintah daerah diharuskan menyusun berbagai kebijakan yang mengarah pada program responsif terhadap gender dan perlindungan anak di berbagai sektor pembangunan.

Selain itu, dukungan kebijakan  juga ditunjukkan dengan alokasi anggaran yang memadai pada instansi teknis terkait bagi pengembangan program responsif gender dan perlindungan anak.Diakui, sejak kepemimpinan Awang Faroek perhatian terhadap responsif gender dan perlindungan anak cukup besar terlihat dengan kebijakan dan pengembangan di sektor pendidikan dan kesehatan serta perluasan ruang gerak bagi perempuan dalam pembangunan.

“Gubernur berterima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan dan elemen masyarakat Kaltim yang ikut bekerja keras dan berpartisipasi dalam pembangunan responsif gender dan perlindungan terhadap anak di Kaltim sehingga mampu meraih prestasi di tingkat nasional,” kata Ardiningsih.

Penghargaan APE dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak diserahkan langsung Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Peringatan Hari Ibu Tahun 2013  kepada kepala daerah khususnya para gubernur yang dinilai memiliki kepedulian tinggi terhadap pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di daerah. (Humas Prov Kaltim/yans)

 

Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013