Koordinator Terminal Sungai Kunjang Kota Samarinda Eko Novianto menyebutkan ada peningkatan keberangkatan bus rute Samarinda menuju Kecamatan Kota Bangun, Kabupaten Kutai Kartanegara, dari yang sebelumnya hanya satu bus kini bertambah menjadi tiga armada.
 
"Saat ini yang ada peningkatan jumlah penumpang pada arus balik adalah rute Kota Bangun, yang berangkat tiga bus dan yang tiba dari Kota Bangun ke Samarinda sebanyak dua bus," ujar Eko di Samarinda, Senin.
 
Ia mengemukakan, jumlah penumpang yang berangkat ke Kota Bangun dari Terminal Sungai Kunjang Samarinda sebanyak 75 orang, sedangkan yang tiba dari Kota Bangun ke Kota Samarinda sekitar 50 penumpang.
 
Lanjutnya, selain rute Kota Bangun, Terminal Sungai Kunjang juga memberangkatkan satu bus menuju Kecamatan Muara Muntai dengan total penumpang  sebanyak 25 orang.
 
"Peningkatan jumlah penumpang tujuan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar ) karena adanya cuti bersama yang sebentar lagi akan berakhir, sehingga mulai dari  sekarang terlihat adanya arus balik," kata Eko.
 
Sedangkan untuk penumpang rute Kecamatan Samboja, Kabupaten Kukar dan rute Kota Balikpapan, jumlahnya normal seperti hari biasa, yakni pemberangkatan 18 bus dengan penumpang rata-rata 10-15 orang per bus.
 
"Memang saat ini penumpang rute Samboja dan Balikpapan, jumlahnya segitu-gitu saja, tak ada perubahan signifikan dari arus mudik sampai sekarang," ucap Eko.
 
Menurutnya di Terminal Sungai Kunjang terlihat kurang dari 20 penumpang menunggu keberangkatan. Hal ini berbanding jauh dengan bus yang tersedia, yaitu per hari nya bisa mencapai 20 unit.  Bus rute Samboja dan Balikpapan  berangkat bergantian dengan selang waktu 15 menit, bus tersebut banyak mencari penumpang di pinggir jalan. 
 
"Namun apabila tidak mencapai target, maka penumpang akan dialihkan kepada bus yang ada di belakangnya, sehingga mereka tidak jadi berangkat," katanya. 
 
Dikemukaka Eko, pada terminal Sungai Kunjang, terletak berseberangan dengan Dermaga Mahakam Ulu tersebut terdapat tiga tujuan keberangkatan, yaitu Kota Bangun, Muara Muntai, Samboja dan Balikpapan.
 
Di antara rute yang tersedia, tujuan Kota Bangun (Kukar) merupakan yang paling banyak diminati. Meski begitu, target juga masih sering tak tercapai, paling banyak terisi 25 dari 50 kursi penumpang yang tersedia.  
 
"Beginilah sekarang kondisinya, kalau dulu penumpang yang cari tiket sekarang bus yang cari penumpang," ujar Eko.
 

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023