Sejumlah harga kebutuhan pokok di pasar tradisional di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, melonjak menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah atau Lebaran 2023.

Sejumlah pedagang di pasar tradisional yang ditemui ANTARA di Penajam, Kamis, menyebutkan harga sejumlah kebutuhan pokok mengalami kenaikan.

Berdasarkan pantauan beberapa komoditas bahan pokok mengalami kenaikan, seperti bawang merah dan bawang putih saat ini dijual dengan harga Rp38.000 per kilogram.

"Harga bawang putih dan bawang merah naik, sebelumnya harga bawang putih Rp35.000 per kilogram dan bawang merah Rp30.000 per kilogram," ujar Marni, salah seorang pedagang di pasar tradisional.

Harga bahan kebutuhan pokok lainnya yang mengalami kenaikan yakni, telur ayam ras, ayam potong dan daging sapi.

"Harga telur ayam naik jadi Rp62.000 per rak, sebelumnya harga telur ayam Rp47.000 per rak," kata Endang Safitri, salah seorang pembeli di pasar tradisional.

Harga ayam potong lanjut ia, juga mengalami kenaikan, sebelumnya dijual dengan harga Rp35.000 per kilogram, sekarang menjadi Rp42.000 per kilogram.

"Beberapa harga bahan pokok naik mungkin sudah mau Lebaran, jadi bahan pokok itu banyak dibeli masyarakat," tambah Endang Safitri.

Harga daging sapi di pasar tradisional melonjak cukup signifikan dan bervariasi, yaitu Rp150.000, Rp169.000 hingga Rp180.000 per kilogram sesuai kualitas daging, sebelumnya harga daging sapi Rp130.000 per kilogram.

Dari hasil pemantauan, jelas Kepala Dinas Kukmperindag Kabupaten Penajam Paser Utara, Saidin, harga sejumlah harga bahan pokok memang mengalami kenaikan karena dipengaruhi meningkatnya permintaan dari masyarakat.

Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (Kukmperindag) Kabupaten Penajam Paser Utara terus pantau perkembangan harga di pasar tradisional dan pastikan komoditas bahan kebutuhan pokok mencukupi.

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023