Dinas Perhubungan Kota Samarinda saat ini tengah mewaspadai potensi pada titik rawan kemacetan dalam rangka menghadapi arus mudik lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah, dengan melakukan pemantauan di sejumlah titik rawan tersebut.

“Saat ini kami tengah memantau dan terus berkoordinasi dengan Satuan Lalu Lintas Polresta Samarinda mengenai kewaspadaan terhadap beberapa titik yang rawan macet terutama saat mudik jelang lebaran,” ujar Kepala Bidang Lalu Lintas Jalan Dinas Perhubungan Kota Samarinda Didi Zulyani di Samarinda, Sabtu.

Dia menjelaskan bahwa titik rawan kemacetan Samarinda yang perlu dikawal menjelang puncak arus mudik lebaran, antara lain lokasi Jembatan Mahakam, Jembatan Mahkota, Jalan D.I. Panjaitan, Jalan Otto Iskandar Dinata Sungai Dama dan Jalan Pangeran Suryanata.

Lanjutnya, jalur tersebut memang sudah langganan menjadi titik kemacetan jika masuk pada musim mudik lebaran, terutama yang perlu dijaga saat ini di Jalan Pangeran Suryanata yang merupakan akses menuju Kutai Kartanegara, selain jalannya agak sempit, truk besar pun juga kini sering melintas dampak dari pemblokiran Jalan Ring Road II (Jalan Nusyirwan Ismail).

“Selain Jalan Suryanata, kini petugas dari Dishub Kota Samarinda juga sudah secara bergantian mengatur jadwal piket untuk mengawal jalan di Sungai Dama, yang sejak awal Ramadhan sudah dijaga, mengantisipasi kemacetan parah pada sore hari menjelang buka puasa, dan akan terus dikawal setiap hari,” ungkap Didi.

Dikemukakannya, yang perlu dikawal ketat juga adalah Jalan D.I. Panjaitan Kecamatan Samarinda Utara, karena merupakan gerbang masuk dari arah Berau, Kutai Timur dan Bontang, serta satu-satunya akses keluar masuk dari arah Bandara APT Pranoto Samarinda.

Tambahnya, Dishub Kota Samarinda terus mengupayakan  untuk bisa mengurai kemacetan di titik lokasi yang disebutkan di atas, dan juga mengantisipasi jikalau ada insiden seperti truk mogok di tengah jalan, atau adanya proyek jalan, sebab hal itu yang biasanya memicu kemacetan panjang.

“Bersyukur saat ini tidak ada proyek pekerjaan di sekitar lokasi titik rawan kemacetan, sehingga kemungkinan pengawalan di titik tersebut pada arus mudik tahun ini bisa aman terkendali,” tutup Didi.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023