Kepolisian Resor Kota (Polresta) Samarinda ikut andil dalam mengawal pengendalian inflasi daerah selama bulan Ramadhan, apalagi menjelang lebaran, salah satunya dengan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Pagi kota setempat.
 
"Dari hasil sidak ke Pasar Pagi, kita melihat situasi pasar di bulan Ramadhan aktivitasnya seperti apa, khususnya harga bahan pokok penting, Alhamdulillah terpantau masih stabil," ujar Kapolresta Samarinda Kombes Pol Ary Fadli di Samarinda, Kamis.
 
Dari tinjuan di lapangan, Kapolresta menemukan kenaikan pada beras, udang dan daging sapi. Namun untuk harga cabe mengalami penurunan, tetapi secara umum harga masih terkendali, serta pergerakan kenaikan harga barang masih tergolong wajar. 
 
Lanjutnya, kegiatan sidak pasar sudah dilakukan rutin dan berkelanjutan bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda beserta jajaran, termasuk juga menggiatkan operasi pasar murah yang digelar di beberapa titik, sehingga bahan pokok penting yang beredar di pasaran bisa terkendali.
 
"Sidak ke pasar pasar juga sebagai langkah untuk mengantisipasi kelangkaan bahan pokok yang disebabkan praktik para tengkulak, yang sengaja menumpuk barang dalam memainkan harga pasar," ungkap Ary.
 
Dikemukakannya, kegiatan sidak rutin ke pasar dan distributor, ditugaskan kepada rekan-rekan dari Kapolsek dan Bhabinkamtibmas, untuk senantiasa turun dan memantau. 
 
Ditambahkannya, pihaknya bersama pemerintah setiap harinya turun memantau harga, sehingga bila ada lonjakan harga yang tidak masuk akal, maka dilakukan intervensi kepada Dinas Perdagangan guna mengembalikan kestabilan harga.
 
"Paling tidak harga pada batas normalnya, kemudian penimbunan barang memanfaatkan momen lebaran yang harus diantisipasi sejak dini, jangan sampai hari ini ada orang yang melakukan penimbunan, khusus nya barang barang kebutuhan pokok," pungkas Ary.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023