Sejumlah   informasi  seputar  Kalimantan Timur (Kaltim) ditayangkan  Kantor Berita ANTARA  Biro Kaltim pada Minggu (2/4), mulai dari Pertamina Regional Kalimantan menambah pasokan elpiji 3 kilogram sebanyak 4,6 persen  menjadi  596.000 tabung untuk penuhi kebutuhan bulan Ramadhan, hingga Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Samarinda menggelar kirab pemilu 2024 dengan estafet secara nasional, dimulai menerima peserta Kirab Pemilu dari KPU Kota Bontang dengan acara penyambutan di halaman Museum Samarinda.

Beginilah rangkuman informasi seputar  Kaltim kemarin yang masih menarik untuk dibaca kembali.

1. Tambahan 4,6 persen pasokan elpiji 3kg

Pertamina menambah stok elpiji 3 kg hingga 4,6 persen untuk seluruh Kalimantan sebagai antisipasi kebutuhan rumah tangga yang meningkat selama Ramadhan hingga Lebaran 2023/Idul Fitri 1444 Hijriah.

Konsumsi harian normal elpiji Kalimantan adalah 1.708 metrik ton atau 569.333 tabung. Tambahan 4,6 persen berarti menjadi 1.788 metrik ton atau 596.000 tabung. Penambahan penyaluran elpiji 3 kg tersebut mulai dilakukan sejak minggu pertama April ini.

Selengkapnya silahkan diklik.

2. Ekspor kepiting terbesar kedua Kaltim

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menyebutkan  kepiting merupakan komoditas ekspor terbesar kedua Provinsi Kaltim  setelah udang, sehingga upaya pengembangan ekspor kepiting perlu diperhatikan).

Ia mengatakan, berdasarkan data tahun 2020, ekspor kepiting bakau dari  Kecamatan Anggana Kabupaten Kutai Kartanegara sebesar 195 ton, pada tahun 2021 naik menjadi 1.800 ton, Pembudidayaan bersama nelayan dan eksportir kepiting bangkit dari keterpurukan. Namun ekspor kepiting pada  2022  tercatat sekitar 900 ton, mengalami penurunan dampak  regulasi terbaru dari Menteri Kelautan dan Perikanan.

Selengkapnya silahkan diklik.

3. Santunan 500 anak yatim

Wakil Gubernur Kalimantan Timur Hadi Mulyadi saat membuka rangkaian kegiatan Yatim Fest 2023, bersama 500 anak yatim, dhuafa dan penghafal Al-Qur’an, berpesan menyantuni anak yatim adalah tanggung jawab bersama.

Kegiatan Yatim Fest  sangat baik, para anak yatim butuh mendapatkan kasih sayang, oleh karena itu menyalurkan sedekah, memelihara dan memastikan mereka mendapatkan kehidupan yang lebih baik adalah menjadi tanggung jawab bersama.

Selengkapnya silahkan diklik.

4. Alokasi Rp42,5 miliar program strategis kehutanan

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mengalokasikan anggaran sebesar Rp42,5 miliar untuk program pengembangan strategis sektor kehutanan.

Gubernur Kaltim Isran Noor berharap anggaran tersebut bisa digunakan dengan maksimal oleh Dinas Kehutanan setempat dalam upaya menjaga dan merawat kelestarian hutan di Kaltim.

Selengkapnya silahkan diklik.

5. Kirab pemilu di Samarinda

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Samarinda, Kalimantan Timur, menerima peserta Kirab Pemilu dari KPU Kota Bontang dengan acara penyambutan di halaman Museum Samarinda, sebagai tanda sosialisasi Pemilu 2024 dilanjutkan di Samarinda.

Kirab Pemilu 2024 di Kota Samarinda ini digelar secara estafet secara nasional, adapun Samarinda masuk Zona IV Kirab yang sebelumnya dimulai dari Kalimantan Utara. Dari Kalimantan Utara ke Kalimantan Timur, pertama kali dilakukan di Kabupaten Berau.

Beberapa hari di Berau, perjalanan dilanjutkan ke Kabupaten Kutai Timur, ke Kota Bontang, dan Ahad ini berlanjut ke Kota Samarinda, sehingga untuk sosialisasi pemilu yang dikemas dalam bentuk kirab ini selanjutnya menjadi tanggung jawab KPU Samarinda.

Selengkapnya silahkan diklik.
 

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023