Wakil Gubernur Kalimantan Timur Hadi Mulyadi mengharapkan pihak swasta atau perusahaan yang menjalankan roda bisnis di Kaltim membantu pemerintah daerah dalam pembinaan atlet berbagai cabang olahraga.

“Pemprov Kaltim mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada pihak swasta yang telah berpartisipasi dalam melakukan pembinaan generasi muda, khususnya para atlet, dari berbagai cabang olahraga, termasuk ikut menjadi sponsor utama dalam berbagai kegiatan olahraga,” kata dia di Samarinda, Senin.

Menurut  dia, sudah seharusnya seluruh perusahaan di Kaltim ambil bagian dalam pembinaan atlet atau cabang olahraga, termasuk menjadi sponsor dalam berbagai kejuaraan olahraga skala daerah, nasional, maupun internasional.

“Jadi dari ratusan perusahaan yang ada, baik sektor pertambangan, perkebunan, peternakan, pertanian, maupun jasa, bisa mengambil satu cabang olahraga untuk dibina maupun mensponsori kejuaraan olahraga, tentu ini sangat luar biasa,” kata dia.

Ia mengakui pemerintah pasti tidak sanggup melaksanakan kegiatan cabang olahraga karena dananya terbatas dan masih banyak yang harus dikerjakan. Oleh karena itu, setiap kegiatan olahraga pasti melibatkan pihak swasta sebagai sponsor.

“Sejumlah kegiatan olahraga yang dilaksanakan oleh pihak pengusaha, perusahaan swasta tentu Pemprov Kaltim sangat mendukung, apalagi jika mau menjadi bapak angkat cabang olahraga, sehingga pembibitan atlet-atlet junior lebih mudah dilakukan melalui program-program pelatihan yang terfokus,” ujarnya.

Wagub Hadi Mulyadi menambahkan potensi atlet daerah harus dimanfaatkan seoptimal mungkin. Mereka penting untuk dilakukan pembinaan dan pelatihan yang intensif, bukan saja dari dinas dan lembaga terkait, tetapi partisipasi pihak swasta juga penting.

“Pembinaan atlet sejak dini menjadi salah satu upaya untuk mencetak atlet andal di bidangnya sehingga mampu berbicara dan mengharumkan nama daerah di kejuaraan nasional maupun internasional,” kata dia.(Adv)

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023