Sebanyak enam Menteri Kabinet Indonesia Maju dijadwalkan menghadiri Rapat Pimpinan Nasional Persatuan Insinyur Indonesia (Rapimnas PII) di Balikpapan, Kalimantan Timur, pada 20-23 Januari, baik untuk membuka acara maupun memberikan pembekalan. 


"Rapimnas PII akan dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, kemudian dilanjutkan dengan pembekalan oleh lima menteri, jadi totalnya ada menteri yang diagendakan hadir," ujar Ketua Panitia Rapimnas PII Hetifah Sjaifudian dalam rilis yang diterima di Samarinda, Minggu. 

Ia yang juga Wakil Sekjen PII ini melanjutkan, lima menteri yang akan memberikan pembekalan itu adalah Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Menteri Perencanaan Pembangunan/Kepala Bappenas, Menteri Perhubungan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Menteri Kelautan dan Perikanan.

Bahkan dalam Rapimnas PII mendatang juga ada pembekalan dari Perwakilan Otorita IKN, kemudian dihadiri oleh Gubernur Kaltim Isran Noor dan Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud. 

Rapimnas ini, katanya, didukung oleh Pemerintah Provinsi Kaltim dan Pemerintah Kota Balikpapan, sehingga pihaknya berterima kasih atas partisipasi berbagai pihak untuk menyukseskan giat mendatang. 

Hetifah yang  juga anggota DPR RI itu menyampaikan selain  Rapimnas PII, delegasi juga akan mengunjungi beberapa titik di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, seperti Titik Nol Nusantara, Permukiman Pekerja, dan Kawasan Istana Negara.

Rapimnas yang mengusung tema "Pembangunan IKN" ini akan diikuti sebanyak 500 peserta yang terdiri dari pengurus wilayah dan cabang PII berbagai daerah, termasuk Badan Kejuruan (BK).

Dalam BK ada beberapa bidang keahlian seperti teknik sipil, teknik industri, teknik elektro, teknik mesin, kewilayahan dan perkotaan, teknik arsitektur, teknik fisika, teknik geodesi, teknik informatika, teknik kebumian dan energi.

Kemudian ada teknik kehutanan, teknik kimia, teknik lingkungan, teknik material, metalurgi, teknik perkeretaapian, teknik perminyakan dan geothermal, teknik pertambangan, teknik pertanian, teknik peternakan, teknologi kedirgantaraan, dan teknologi kelautan.

Dalam rangkaian Rapimnas PII juga akan digelar Engineering Exhibition yang diikuti dunia usaha, badan usaha milik negara (BUMN), dan perguruan tinggi. 

"PII mengundang segenap warga Balikpapan dan sekitarnya, termasuk pelajar dan mahasiswa untuk menghadiri pameran yang akan diselenggarakan di Novotel Hotel Balikpapan," katanya. 

Sementara Ketua Umum PII Danis Hidayat Sumadilaga berharap Rapimnas mendatang menghasilkan terobosan pemikiran dan inovasi dari kalangan insinyur, sekaligus memberikan kontribusi nyata dari para insinyur dari berbagai bidang keahlian terhadap pembangunan IKN Nusantara.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023