Alokasi anggaran untuk sarana dan prasarana pendidikan di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada tahun 2023 lebih kurang Rp72 miliar.
 
"Tahun ini (2023) dapat dana sekitar Rp72 miliar," ujar Kepala Bidang Sarana Prasarana Disdikpora Kabupaten Penajam Paser Utara, Syamsul Adha di Penajam, Sabtu.
 
Anggaran tersebut, lanjut dia, digunakan untuk pembangunan dan perbaikan RKB (ruang kelas belajar) sejumlah SD (sekolah dasar) dan SMP (sekolah menengah pertama).
 
Pembangunan dan perbaikan RKB dilakukan merata di SD dan SMP di empat kecamatan yang ada di Kabupaten Penajam Paser Utara.
 
Selain RKB, Disdikpora Kabupaten Penajam Paser Utara bakal melakukan rehabilitasi sejumlah gedung sekolah dasar dan sekolah menengah pertama yang mengalami kerusakan.
 
Pada tahun ini juga akan dilakukan pengadaan penunjang pendidikan berupa mebeler atau perabot sekolah berupa meja dan kursi untuk kegiatan belajar mengajar.
 
Sejumlah SD dan SMP mendapatkan meja serta kursi baru, jelas Syamsul Adha, untuk peserta didik dan tenaga pengajar sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar.
 
Kebutuhan meja dan kursi untuk kegiatan belajar mengajar bagi seluruh SD dan SMP di daerah berjuluk Benuo Taka itu sekitar 6.000 pasang.
 
Dari sekitar 6.000 meja dan kursi tersebut, 4.000 pasang untuk sekolah dasar dan 2.000 pasang untuk sekolah menengah pertama.
 
"Kami juga bangun infrastruktur penunjang pendidikan lainnya seperti jamban (toilet), pagar, ruangan kepala sekolah dan ruangan guru," kata dia.
 
Pemenuhan sarana prasarana pendidikan harus dilakukan untuk mewujudkan target pendidikan berkualitas di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023