Kabupaten Paser selain  memiliki  tempat obyek wisata Gunung Boga atau Gunung Embun, juga memiliki potensi wisata pantai yakni pantai Senipah yang berada di Desa Senipah Kecamatan Tanjung Harapan.

"Keindahan pantai Senipah tidak kalah dibandingkan  dengan obyek wisata pantai daerah lain yang dikunjungi  banyak para wisatawan," kata Pendamping Desa Senipah, Darwansa di Tanah Grogot, Kamis.

Darwansa menceritakan,  sebagian besar warga Desa Senipah memiliki kekerabatan dengan warga di Pulau Balabalagan, sebuah pulau eksotik yang secara geografis dekat dengan Kabupaten Paser, namun secara administratif berada masuk dalam Pemerintah Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.

Masyarakat Senipah  kebanyakan berprofesi  sebagai nelayan berlayar sampai ke Pulau Balabagan dan melakukan kegiatan ekonomi dengan masyarakat di sana.

Darwansa mengungkapkan, keseriusan masyarakat Senipah untuk mengelola potensi wisata tersebut terlihat dari rencana pembentukan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Diakuinya, saat ini untuk menuju lokasi pantai Senipah banyak kendala yaitu waktu yang dibutuhkan cukup lama untuk sampai di lokasi karena infrastruktur jalan yang belum memadai.

"Butuh waktu lima jam melalui transportasi air dari Pelabuhan Senaken ,Tanah Grogot, tetapi jika lewat jalan darat lebih  lama lagi," katanya.

Menurutnya, jika melalui jalur darat, maka harus melewati  jalur Binturung, Pamukan Utara, Kabupaten Kota Baru, Kalimantan Selatan.

Ia berharap ada peningkatan akses jalan menuju pantai Senipah dan Desa Senipah bisa jadi primadona  sebagai tempat kunjungan wisatawan untuk melihat potensi keindahan alamnya dan kearifan lokal masyarakatnya.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Paser, Muksin, mengatakan pihaknya akan segera mensurvei lokasi tersebut.

“Nanti kami ke lokasi pantai Senipah untuk mensurvei,” katanya.

Sementara Kabid Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Paser, Tri Evy Herawati mengatakan pada tahun 2023 ini terdapat program pembangunan ruas jalan Random menuju Senipah.

“Terkait berapa panjang jalannya yang akan dibangun belum kami cek  dan apakah akan dibangun jalan dengan pola semenisasi atau pola peningkatan jalan rusak," katanya.

 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023