Jaringan telekomunikasi 3G di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, bakal dihapus dan diganti layanan 4G untuk memberikan komunikasi lebih cepat dan stabil.
 
Penghapusan jaringan 3G, menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Penajam Paser Utara, Budi Santoso di Penajam, Sabtu, untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas layanan 4G agar lebih cepat dan stabil.
 
Layanan jaringan 3G tidak diaktifkan lagi oleh Telkomsel dan memperkuat jaringan 4G di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara.
 
Dengan perluasan dan pemerataan layanan 4G tersebut, maka jaringan 3G tidak lagi tersedia di Kabupaten Penajam Paser Utara mulai 18 Januari 2023.
 
Teknologi informasi untuk layanan 3G sudah mulai ditinggalkan, jelas dia, masyarakat saat ini sudah banyak memanfaatkan jaringan 4G.
 
Masyarakat yang belum meningkatkan (upgrade) kartu SIM handphone (telepon genggam/selular) jaringan 3G diharapkan segera meningkatkan kartu SIM ke layanan 4G di GraPARI.
 
Telkomsel juga akan memberikan layanan meningkatkan kartu SIM telepon genggam masyarakat di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan (Dukcapil) Kabupaten Penajam Paser Utara.
 
Masyarakat yang melakukan kepengurusan administrasi Kependudukan di Kantor Dinas Dukcapil, kata Budi Santoso, bisa sekaligus meningkatkan kartu SIM telepon selular.
 
Peningkatan kartu SIM telepon genggam dari jaringan 3G diganti menjadi layanan 4G yang diganti hanya kartu, sedangkan nomor kartu telepon seluler masih tetap sama.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023