Sebanyak 35 Point of Interest (POI) dari Telkomsel di seluruh Kalimantan telah siaga menyambut Hari Natal dan Tahun Baru, yakni untuk menunjang kenyamanan aktivitas telekomunikasi dan digital bagi para pelanggan. 

"Sebanyak 35 POI tersebut terdiri atas beberapa kategori, yakni 2 POI Airport/Pelabuhan, 1 POI Hospital, 11 POI Residential, dan 21 POI Special Area/Mall," ujar Saptono, selaku General Manager Network Deployment and Control Telkomsel Pamasuka, melalui rilis yang diterima di Samarinda, Selasa. 

Rangkaian aktivitas pengamanan jaringan telah dilakukan Telkomsel untuk mendukung kenyamanan dan kelancaran pelanggan dalam beraktivitas digital selama Natal dan Tahun Baru, khususnya di wilayah Kalimantan, termasuk menghadirkan 2 BTS 4G baru serta 1 unit BTS combat. 

Selain itu, optimalisasi jaringan berupa drive test dan rehearsal test juga dilakukan untuk memastikan semua jaringan bisa terjaga dan termonitor dengan baik.

Telkomsel Regional Kalimantan juga telah memastikan ketersediaan ragam produk dan layanan dengan menghadirkan 3 Posko Utama di Mall E-Walk Balikpapan, Duta Mall Banjarmasin, dan Perumahan RTA Milono Palangkaraya, termasuk menghadirkan 10 Posko Reguler dan 364 Outlet Siaga yang tersebar di Kalimantan.

Saat puncak Natal dan Tahun Baru, kata Saptono lagi, payload (traffic penggunaan data) di Kalimantan diprediksi mengalami kenaikan sebesar 16,3 persen dibandingkan hari biasa.

Kemudian naik sebesar 24,2 persen dibandingkan periode Natal dan Tahun Baru di tahun sebelumnya, sedangkan prediksi voice traffic (penggunaan telepon) mengalami penurunan 4,8 persen dibandingkan hari biasa.

Ia merinci sebaran 35 POI Telkomsel di Regional Kalimantan, yakni pada Branch Balikpapan meliputi Plaza Rapak, Bandara Sepinggan, E-Walk BSB, Grand City, Lapangan Merdeka Balikpapan, Plaza Kebun Sayur, Pelabuhan Melak, Pemukiman Timbau, Tahu Sumedang, dan WIKA.

Pada Branch Samarinda meliputi Tepian Mahakam, Ramayana Bontang, Stadion Segiri Samarinda,Branch Tarakan meliputi Pasar Induk Tanjung Selor, Ramayana Tarakan, Malinau Residence, Food Tastic Tarakan, Ayani Nunukan.

Branch Banjarmasin meliputi Duta Mall Banjarmasin, Kelayan, Mulawarman, Q-Mall, Tanjung Expo Center, Branch Palangkaraya meliputi Ferry Penyeberangan Kapuas, Pasar Sampit, Perumahan RTA Milono Palangkaraya, Perumahan Mahir Mahar.

Pada Branch Pontianak meliputi Ayani Megamall, Pasar Pagi Putussibau, Pasar Dara Itam, Simpang Tugu Sungai Pinyuh, Pasar Melawi, RSU DR Agus Sjam Ketapang, Bandar Udara Supadio, dan Kawasan Pasar Hongkong.

"Telkomsel Siaga menyambut kemeriahan momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 dengan kesiapan konektivitas dan layanan digital terdepan. Penguatan kapasitas dan kualitas jaringan broadband terdepan telah dilakukan di 493 titik wilayah prioritas di Indonesia, yang berpotensi mengalami pertumbuhan trafik telekomunikasi secara signifikan," katanya. 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : M.Ghofar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022