Tercatat 119 orang yang mendaftar sebagai calon panitia pemilihan kecamatan (PPK) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, dalam menghadapi Pemilu 2024.
 
"Sebanyak 119 orang yang daftar jadi calon PPK sampai pendaftaran ditutup," kata anggota KPU Kabupaten Penajam Paser Utara Mochamad Misran di Penajam, Sabtu.
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Penajam Paser Utara melakukan perekrutan PPK mulai 21 sampai dengan 29 November 2022.
 
Pendaftar yang dinyatakan lolos seleksi administrasi, kata dia, akan mengikuti seleksi tertulis dengan sistem computer assisted test (CAT) pada tanggal 5-7 Desember, dan pengumuman hasil seleksi tertulis pada tanggal 8-10 Desember.
 
KPU memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memberikan tanggapan dan masukan terhadap calon PPK mulai 2 hingga 10 Desember. Setelah itu, dilanjutkan tes wawancara pada tanggal 11-13 Desember.
 
Hasil seleksi PPK diumumkan pada tanggal 14-16 Desember. Selanjutnya penetapan PPK pada tanggal 16 Desember. Mereka yang terpilih sebagai PPK dijadwalkan dilantik pada tanggal 4 Januari 2023.
 
Disebutkan jumlah PPK yang dibutuhkan lima orang per kecamatan. Sementara itu, jumlah kecamatan di Kabupaten Penajam Paser Utara ada empat sehingga dibutuhkan PPK sebanyak 20 orang.
 
Dengan jumlah pendaftar sebanyak 119 orang, kata Mochamad Misran, selebihnya tidak lolos dan sebagian lagi menjadi cadangan jika lolos sampai tes akhir.
 
Ia menyebutkan jumlah pendaftar itu terdiri atas Kecamatan Penajam 54 orang, Kecamatan Waru 25 orang, Kecamatan Babulu 35 orang, dan Kecamatan Sepaku 17 orang.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022